BRI Luncurkan Bantuan Pangan Non Tunai di Batam
Oleh : Suci Ramadhani
Kamis | 23-02-2017 | 15:50 WIB
bantuanbri.jpg

Manajemen BRI saat meluncurkan Bantuan Pangan Non Tunai di Batam. (Foto: Suci Ramadhani)

BATAMTODAY.COM, Batam - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, kembali menunjukkan komitmennya turut serta menyukseskan program-program pemerintah. Salah satunya dengn meluncurkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Perumahan Cendana Blok C-3 No 4, Kelurahan Belian, Kecamatan Batam Kota, Kamis (23/2/2017).

Program dari Kemensos ini merupakan implementasi dari arahan langsung Presiden Jokowi. Tujuannya, agar setiap bantuan sosial dan subsidi disalurkan secara non tunai. Penyerahan BPNT itu dihadiri oleh Kepala perwakilan BI Kepualauan Riau (Kepri) Gusti Faizal eka Putra, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemerintah Kota Batam Gintoyono Batong, PLTK Dinas Sosial Kota Batam Hasimah dan beberapa pejabat lain.

"Ini program dari pemerintah, dan BRI berperan aktif dalam bantuan ini. Kami lakukan di tiga tempat, satu di perumahan Cendana dan dua lagi di Kacamatan Sagulung," ujar KCP BRI Batam Center, Anis Abdul Hakim.

Dalam hal ini, lanjut Anis Abdul Hakim, pihaknya menggunakan sistem perbankkan. Penyaluran bantuan secara non tunai akan memberi kemudahan mengontrol, memantau dan mengurangi penyimpangan. BPNT didistribusi melalui kartu combo berupa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang dikeluarkan oleh Himpunan Bank Negara (HIMBARA)

"Bank BRI ditunjuk sebagai penyalur, selain itu tujuannya agar benar-benar terselurkan bantuan ini kepada orang yang benar-benar berhak mendapatkannya, pihak bank juga harus teliti dalam BPNT," jelasnya lagi.

Saat ini, Bank BRI memiliki agen Brilink untuk Rumah Pangan Kita (RPK) 194. Agen penyalur bantuan non tunai sekaligus agen brilink 146 agen brilink. Jadi total agen BRI sebanyak 340 gabungan agen.

Ada beberapa persyaratan dalam menjadi agen penyaluran bantuan non tunai ada beberapa hal yang haru dipenuh. Yaitu, membuka usaha minimal 6 bulan dalam bidang Sembako. Selain itu mendapatkan surat keterangan dari RT/RW. Dan lokasi yang memungkinkan untuk transportasi nantinya.

"Kami ada agen Brilink dan setiap perumahan bisa membuka agen Brilink, jadi bisa membantu masyarakat tanpa harus datang ke kantor untuk mendapatkan BPNT tersebut, tidak harus ada deposit," paparannya.

Dulunya, untuk penyaluran bantun ini terkait dengan bantuan raskin, sekarang diganti melalui bantuan non tunai beras, plus gula.

Editor: Dardani