Lampu Merah Tidak Berfungsi, Ini Penjelasan Kadishub Batam
Oleh : Romi Chandra
Rabu | 25-01-2017 | 09:29 WIB
yusfa01.jpg

Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, Yusfa Hendri.

BATAMTODAY.COM, Batam - Tidak berfungsinya lampu merah atau traffic light di beberapa persimpangan di wilayah Batuaji, serta daerah lainnya di Batam, karena pengaruh sistem. Traffic light yang sekarang digunakan bergantung pada arus listrik atau sistem AC.

Kondisi ini menjadi perhatian khusus dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam karena berdampak pada arus lalu lintas yang tidak beraturan.

Baca: Traffic Lights di Batam Banyak Tak Berfungsi, Polisi Buat Pengalihan Arus Lalulintas

Kadishub Batam, Yusfa Hendri, mengatakan, lampu merah di Batam belum semuanya menggunakan sistem DC, atau arusnya tidak hanya dari listrik, namun juga menggunakan baterai.

"Untuk lampu merah yang sudah memiliki sistem DC, listrik padam tidak akan berpengaruh untuk 6 jam kedepan. Sebab, aliran arus akan digantikan atau swicth dari listrik ke baterai," tulis Yusfa, melalui pesan singkat yang diterima BATAMTODAY.COM, Rabu (25/1/2017).

Baca: Lampu Merah di Daerah Batuaji Tak Berfungsi

Meskipun pada tahun 2017 ini, pihaknya memiliki anggaran untuk penggantian lampu merah dari AC menjadi DC, namun belum bisa untuk seluruhnya. "Secara bertahap kita akan mengganti seluru Traffic light menjadi DC. Namun 2017 ini anggarannya untuk beberapa saja," ujarnya

Lampu merah yang sudah diganti dengan sistem DC, juga akan dilengkapi Area Traffic Sistem (ATCS) serta dipasang CCTV. "Ini menjadi prioritas kita untuk membenahi arus lalu lintas di Batam," imbuhnya.

Editor: Gokli