Ketua AUIBB Ajak Umat Islam Tenang dan Tak Terprovokasi
Oleh : Irwan Hirzal
Jum'at | 13-01-2017 | 08:38 WIB
ustadzerwinbatam.jpg

Ketua Aliansi Umat Islam Batam Bersatu (AUIBB), Ustadz Erwin Abu Ghaza saat berorasi dalam Aksi Bela Islam di Masjid Raya Batam, beberapa waktu lalu. (Foto: Saibansah)

BATAMTODAY.COM, Batam - Aksi demo yang digelar oleh masyarakat yang mengatasnamakan diri Aliansi Umat Islam Batam, Kamis (12/1/2017), dinilai sebagai upaya untuk memecah belah umat Islam. Mereka berunjuk rasa menuntut pembubaran FPI (Front Pembela Islam) dan HTI (Hizbut Tahrir Indonesia). Sayangnya, tidak jelas siapa ketuanya dan apa nama organisasinya.

Demikian ungkap Ketua Aliansi Umat Islam Batam Bersatu (AUIBB), Ustadz Erwin Abu Ghaza kepada BATAMTODAY.COM, Kamis (12/1/2017). "Saya diamanahi sebagai Ketua Aliansi Umat Islam Batam Bersatu yang ditunjuk dan disepakati oleh Ormas Islam Kota Batam yang hadir di Kantor Kemenag Batam, Oktober 2016 lalu," tuturnya.

Tugas AUIBB, lanjut Ustadz Erwin Abu Ghaza adalah menyatukan dan menjaga ukhuwah islamiyah di kalangan umat Islam Kota Batam. Dengan adanya aksi demonstrasi yang mengatasnamakan Aliansi Umat Islam Batam (AUIB), jelas-jelas itu bukan aksi kami.

Baca: Mahasiswa dan Pemuda di Batam Tolak Faham Radikalisme

"Karena nama hampir mirip, tetapi tidak sama. Karena aksi AUIBB mengedepankan ukhuwah Islamiyah atau persatuan umat Islam, tidak memecah umat Islam," tegas Ustadz Erwin Abu Ghaza.

Sementara itu, aksi AUIB di depan Kantor Walikota Batam tersebut terkesan memecah kesatuan dan kesolidan umat Islam. Untuk itu, tegas pria yang kerap berdakwah itu, saya menghimbau umat Islam agar tetap tenang, bersabar dan tidak reaktif. Terutama kepada saudara-saudara dari Ormas FPI untuk tetap sabar, tenang dan menjaga ukhuwah Islamiyah serta tidak terprovokasi.

Baca: Pembubaran Ormas Radikal akan Dibahas dalam Rapat FKPD Batam

Ormas Islam yang tergabung di AUIBB itu adalah, MUI Kota Batam, PC NU Kota Batam, PD Muhammadiyah Kota Batam, Pemuda Muhamadiyah, Forum Masyarakat Minangkabau Batam (FMMB), SCC Kepri, IKADI Batam, KNRP Kepri, DDII Kota Batam, MIUMI Batam, ARSYI Kepri, FPI Kota Batam, FUIB, IPM (Ikatan Persaudaraan Muballigh) Kota Batam, HMI, KAMMI, PMB Kota Batam, ISNU Batam dan FPI Kepri.

Editor: Dardani