Jambore Internasional di Malaysia Beri Pengalaman Menarik Siswa SMA Kartini
Oleh : Tsamara Nurshiba Randhika & Ryan Yudistira
Jum'at | 30-12-2016 | 15:26 WIB
jamborekartini.jpg

Para siswa SMA Kartini Batam saat menjadi peserta Jambore Internasional di Malaysia. (Foto: Tsamara)

 

BATAMTODAY.COM Kuala Lumpur - Jambore Internasional ke-13 yang digelar di Taman Metropolitan Batu, Kuala Lumpur Malaysia, masih menyisakan kenangan indah di benak para siswa SMA Kartini Batam. Karena kehadiran mereka sebagai salah satu kontingen, menoreh kesan yang takkan terlupakan.

 

Meski telah satu bulan berlalu, tapi Jambore Internasional yang digelar dari 25 November s/d 1 Desember 2016 itu telah mengajarkan banyak hal. Mulai dari berbagai games, jelajah hutan dan sebagainya. Apalagi, acaranya berlangsung meriah dan penuh canda tawa para peserta dari berbagai negara. Yaitu, Indonesia, Malaysia, Brunai Darussallam dan Kenya.

“Jambore ini sangat membangun karakter Pramuka Indonesia. Tapi, tidak hanya Pramuka Indonesia, di sini juga dilatih untuk tidak hanya memfokuskan kepada skill kita dalam berpramuka. Namunjuga di sini kita diajak untuk bersilaturahmi dengan Pramuka-pramuka dari negara lain,” ujar M. Fauziah Rahman, peserta perwakian dari Sukabumi Jawa Barat.

Sementara itu, peserta Jambore Internasional lain, M. Syaoqi Abdul Hafizh menambahkan, momen di Jambore ini kita bisa membangun kebersamaan.

"Jadi kita bisa memiliki, melihat teman kita itu mana yang benar-benar teman dan mana yang bukan teman. Karena di sini kita dapat melihat kekompakan kita dari dalam tenda, mana teman yang bisa diajak kompromi dan mana yang tidak” tutur M. Syaoqi Abdul Hafizh

Tidak hanya games dan lomba saja yang menjadi agenda kegiatan jambore tersebut. Di lingukungan perkemahan pun ada stand-stand yang menjual berbagai souvenir jamboree, mulai dari gantungan kunci hingga baju kaos.

Walaupun sempat mendapat berbagai protes dari beberapa negara tetapi acara tetap terlaksana dengan baik hingga akhir acara.

Editor: Dardani