Kantin PDS Batam Digusur, Pedagang Keberatan
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 17-12-2016 | 15:02 WIB
Lokasi-parkiran-yang-akan-direnovasi.gif

Lokasi parkiran PDS yang akan direnovasi (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Perombakan Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) tinggal menghitung hari lagi. Gedung baru pun kini sudah siap ditempati, namun parkiran kendaraan roda dua dan roda empat masih harus direnovasi untuk menjadikan pelabuhan berstandar Internasional.

Dalam pembangunan parkiran kendaraan, kontraktor meminta Kepala Satuan Kerja (Kasatker) PDS memindahkan beberapa kantin yang berjualan di luar atau di lokasi parkiran.

Hal itu karena parkiran nantinya akan ditimbun, agar lebih tinggi dan dilakukan pengecoran.

Mendapatkan arahan tersebut, Kasatker PDS, Deni Setiawan, langsung menyurati pemilik kantin untuk menutup dan menggusur kantinnya.

"Tapi pemilik kantin ini tidak mau gigusur, karena di satu sisi harus berlibur selama pelabuhan selesai diperbaiki. Di sisi lainnya, lokasi pergantian kantin sudah tidak ada," kata Deni.

Para pedagang kata Deni, paling lama berlibur selama 1 bulan lebih guna pembangunan parkiran kendaraan roda dua dan roda empat. Nantinya mereka langsung berdagang di dalam pelabuhan yang sudah jadi dilakukan renovasi.

"Tapi kalau gak mau mengosongkan kantinnya, kapan pelabuhan selesai direnovasi?," katanya.

Ia mengaku sudah melakukan rapat bersama guna mencari solusi, namun tempat pergantian kantin tidak memadai. Padahal berdasarkan surat edaran, paling lama kantin harus dikosongkan, Senin (19/12/2016) mendatang.

"Kontraktor mengirimkan surat ke saya itu 3 Desember untuk menggusur kantin. Tapi sampai sekarang juga pedagang belum mengkosongkan lokasinya," keluhnya.

Ia menegaskan, renovasi pelabuhan tetap harus diutamakan demi kenyamanan para penumpang. Meskipun para pedagang mengeluhkan tidak adanya lokasi ganti.

"Calon penumpang harus diutamakan kenyamananannya di luar maupun di dalam pelabuhan. Solusinya mereka (pedagang) harus libur selama 1 bulan," tandasnya.

Editor: Udin