Peringatan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama RI ke-71

Sebanyak 320 Siswa Perwakilan Antar Sekolah Lintas Agama Ikut Perkemanan di Mako Lanal Batam
Oleh : Romi Candra
Rabu | 14-12-2016 | 16:14 WIB
haribhakti.jpg

Para siswa yang sedang mengiktu program perkemanan di Mako Lanal Batam (Foto: Ist)

 

BATAMTODAY.COM, Batam - Memperingati Hari Amal Bhakti Kementerian Agama RI ke-71, digelar Perkemahan Ikhlas Beramal Lintas Agama Bhineka Tunggal Ika yang diikuti oleh para pelajar Madrasah dan sekolah berbasis keagamaan se-Kota Batam.

 

Kegiatan tersebut dibuka pada hari ini, bertempat di Pangkalan Angkatan Laut Batam, Tanjung Sengkuang, Kota Batam, Rabu (14/12/2016). Dan, juga diikuti oleh 320 siswa perwakilan sekolah lintas agama se-Kota Batam dengan didampingi pembina sebanyak 26 orang.

Acara pembukaan diawali dengan sambutan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam, Tengku Zulkifli, dengan menyampaikan maksud dan tujuan dilaksanakannya Perkemahan Ikhlas Beramal pelajar berbasis keagamaaan.

Kemudian, dilanjutkan dengan ceramah tentang “Harmoni Dalam Keberagaman” yang disampaikan oleh Komandan Lanal Batam Kolonel Laut (P) Ivong Wicaksono Wibowo, yang sekaligus membuka secara resmi pelaksanaan kegiatan Perkemahan Ikhlas Beramal pelajar Madrasah dan sekolah berbasis keagamaan se-Kota Batam.

Dilanjutkan Ivong, Indonesia adalah negara kepulauan yang sangat luas, terbentang dari Sabang sampai Marauke terdiri dari beribu-ribu pulau yang kaya akan suku dan budaya. Keragaman suku bangsa dan budaya merupakan kekayaan yang tak ternilai harganya.

"Dilihat dari aspek sosial budaya Indonesia terdiri atas ratusan suku bangsa yang masing-masing memiliki adat istiadat, bahasa, agama, dan kepercayaan yang berbeda beda. Tak jarang kekayaan budaya yang kita miliki sering memicu adanya perpecahan dan perselisihan antar golongan," ungkapnya.

"Padahal jika kita mau berangkat dari pola pikir bahwa “berbeda itu fakta”, tentu tidak perlu memandang perbedaan sebagai suatu masalah besar," tambahnya.

Lebih lanjut disampaikan pula bahwa sebagai pelajar tentu harus ikut berperan dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Nilai-nilai persatuan dan kesatuan dapat diamalkan melalui berteman baik di sekolah maupun dilingkungan rumah.

Ivong juga berpesan kepada seluruh siswa-siswi peserta Perkemahan Ikhlas Beramal, agar jadikanlah sebuah perbedaan sesuatu yang biasa dan bisa diselesaikan dengan cara yang arif.

"Cobalah jalin komunikasi yang rutin dengan orang lain untuk memperkecil adanya kesenjangan. Bersikap ramah, berpikir positif terhadap segala sesuatu yang beda, dan menjalin komunikasi yang rutin untuk memperkecil kesenjangan," pesannya.

Komandan Lanal Batam sangat mengapresiasi adanya kegiatan ini. "Semoga kedepan kegiatan ini terus dapat dilaksanakan, sehingga dapat membentuk generasi muda yang cinta tanah air dan menjaga persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia," harapnya.

Kegiatan yang dilaksanakan antara lain lomba cerdas cermat kerukunan, pidato kerukunan, ceramah tentang pengamalan nilai-nilai Pancasila, kegiatan menyalakan api unggun, atraksi seni budaya, sholat lima waktu bagi yg beragama Islam dan bagi yang agama lain melaksanakan ibadah sesuai dengan keyakinannya.

Editor: Dardani