Lima Ribuan Berkas Pemohonan KTP Menumpuk di Kecamatan Sekupang
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 14-12-2016 | 15:02 WIB
e-KTP.gif

Akibat gagalnya tender blanko Kartu Tanda Penduduk (KTP) oleh Kementerian Dalam Negri (Kemendagri) pertengahan November lalu membuat berkas permohonan menumpuk. Di Kecamatan Sekupang sendiri lima ribuan berkas permohonan menunggu antrian (Sumber foto: mediakita.co)

BATAMTODAY.COM, Batam - Gagalnya tender blanko Kartu Tanda Penduduk (KTP) oleh Kementerian Dalam Negri (Kemendagri) pertengahan November lalu membuat berkas permohonan menumpuk.

Habisnya blanko terjadi di seluruh Kabupaten/Provinsi di Indonesia, termasuk Batam. Sehingga membuat seluruh berkas permohonan pembuatan identitas menumpuk di setiap kecamatan di Kota Batam.

"Sudah menumpuk di kantor kami. Mau gimana lagi, kami tetap terima meski blanko belum kunjung datang," kata Camat Sekupang, M Arman Rabu (14/12/2016) pukul 13.30 Wib.

Di Kecamatan Sekupang saja, katanya lagi, berkas pemohonan masyarakat mencapai 5 ribu berkas. Belum termasuk berkas di kantor Camat lainnya, seperti Bengkong, Batam Kota, Lubuk Baja dan Batuaji yang padat penduduknya.

"Di Sekupang sudah 5 ribu berkas KTP yang tertunda. Saya arahkan masyarakat bersabar sambil menunggu blanko datang," tegasnya.

Meski blanko sudah lama kosong, namun Kecamatan Sekupang dalam pelayanan pembuatan Kartu Keluarga (KK) dan KTP tetap diterima. Karena pada intinya pelayanan pemerintah kepada warga tetap berjalan.

"Prinsipnya pelayanan tetap berjalan sesuai arahan pimpinan. Berkas diterima tapi percetakan menunggu blanko. Dari 5 ribu itu berbagai macem, ada yang ada yang hilang, pindah alamat, pemula, dan perpanjangan. Jadi bukan semua pemula," pungkasnya.

Editor: Udin