Liburan Natal dan Tahun Baru

ASDP Tambah Jam Pelayaran Roro Punggur-Tanjunguban
Oleh : Hadly
Senin | 12-12-2016 | 13:50 WIB
roro-padat.jpg

Kapal Roro Punggur-Tanjunguban padat. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Punggur, Batam, Kepulauan Riau akan menambah jam pelayaran kapal Roro guna mengantisipasi lunjakan penumpang pada liburan Natal dan Tahun Baru 2017.

 

"Setiap Natal dan Tahun Baru ada lonjakan, kami percepat keberangkatan 1 jam sekali," kata Manager Keungan ASDP Pelabuhan Punggur, Tohirin kepada BATAMTODAY.COM, Senin (12/12/2016).

Langkah ini diambil, kata Tohirin berdasarkan pengalaman liburan natal dan tahun baru sebelumnya membeludak. Banyak penampungan menggunakan mobil dan sepeda motor menggunakan Roro.

"Tidak hanya dari Batam ke Bintan, sebaliknya yang liburan dari Bintan ke Batam juga banyak, ada warga yang sekedar liburan atau merayakan Natal juga," ujarnya.

Ia mengatakan, akan mengoperasikan empat kapal setiap harinya pada musim tersebut untuk mengangkut orang dan kendaraan. Kapal yang dioperasikan PT ASDP Batam Swarna Begawan, Jembatan Kapuas, Baroh dan Kundur.

"Hari biasa jadwal kapal yang diberangkatkan setiap 1 jam 15 menit sekali. 1 harinya bisa melayani 10 rute dalam sehari. Termasuk saat ini masih sepi jadi kami beroperasi seperti biasa, palingan sore ini mulai ramai," tuturnya.

Untuk diketahui, Kabupaten Bintan dan Kota Tanjungpinang merupakan satu daratan yang terhubung. Sehingga pada masa liburan panjang, animo masyarkat Batam sangat tinggi untuk menggunakan Roro ke Tanjung Uban, Bintan dan sebaliknya.

PT ASDP Cabang Punggur juga melayani rute Batam ke Lingga seminggu sekali dan rute Batam - Tanjung Balai Karimum - Buton - Pekanbaru, Riau.

Editor: Yudha