Tinjau Lokasi Jatuhnya Pesawat

Kapolri Tito Sebut Pesawat Skytruk Meledak di Dalam Air
Oleh : Hadly
Kamis | 08-12-2016 | 14:50 WIB
kapolri-Tito-Batam1.jpg

Kapolri Tito Karnavian usai kunjungan ke lokasi jatuhnya pesawat milik Polri di Pulau Senayang, Lingga. (Foto: Hadly)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Kepolisan Republik Indonesia Jenderal Pol Tito Karnavian mengunjungi lokasi jatuhnya pesawat naas tipe M-28 Sky Truck milik Polri di Pulau Senayang, Kabupaten Lingga, Kamis (8/12/2016).

Tito Karnavian mengatakan, dalam kunjungannya ke Lingga, ia mendengarkan langsung kesaksian nelayan yang melihat langsung pesawat milik Polri tersebut jatuh. "Menurut saksi mata, pesawat penukik ke bawah dan meledak di dalam air," tuturnya.

Kapolri tiba di Batam para Rabu (7/12/2016) sore pukul 16.30 WIB. Ia meluangkan waktu berkunjung ke Yayasan Al-Fateh di Teluk Mata Ikan, Kecanatan Nongsa. Kemudian pada Kamis pagi menggunakan helikopter Polri, berangkat ke Lingga dengan didamping Kapolda Kepri Brigjen Pol Sam Budigusdian.

Setelah melakukan kunjungan ke Lingga, Kapolri bersama rombongan kembali ke Batam menggunakan kapal Fery Batam 3 melalui pelabuhan Provinsi Kepri di Punggur.

Pesawat Polri type M28 Skytruck yang jatuh di perairan Senayang, Kabupaten Lingga, diketahui mengangkut 13 orang termasuk awak pesawat.

Pesawat naas tersebut lepas landas dari Bandara Pangkal Pinang, Bangka Belitung, pukul 09.24 WIB menuju Bandara Hang Nadim Batam, dengan perkiraan landing pukul 10.58 WIB. Namun di perjalanan pesawat tersebut hilang kontak dan jatuh..

Adapun ke-13 penumpang pesawat, yang terdiri dari 5 crew dan 8 penumpang, adalah sebagai berikut:

  1. AKP Budi Waluyo (Pilot)
  2. AKP Eka Barokah (Pilot)
  3. AKP Tonce (Pilot)
  4. Brigadir Joko Sujarwo (Mekanik)
  5. Brigadir Mustofa (Mekanik)
  6. AKP Abdul Munir (Penumpang)
  7. AKP Safran (Penumpang)
  8. Bripka Erwin (penumpang)
  9. Briptu Andi Z (Penumpang)
  10. Bripda Rizal (Penumpang)
  11. Bripda Eri (Penumpang)
  12. Brigadir Suwarno (Penumpang)
  13. Brigadir Joko Sungatno (Penumpang)

Penerbangan dari Pangkal Pinang menuju Batam adalah dalam rangka giat rutin change crew. Di mana pilot heli Ditpoludara yang BKO di Polda Kepri atas nama AKP Edi Prasetyo, Brigadir Hasbi, Brigadir Warsono dan Bripka Agung akan dirotasi dengan crew BKO dari Pangkal Pinang.

Editor: Yudha