Rekening Nasabah BNI Dibobol

Beri Jaminan Keamanan, BNI Berkomitmen Kembalikan Dana Nasabah
Oleh : Roni Ginting
Rabu | 07-12-2016 | 10:50 WIB
BNI-karimun1.jpg

BNI Tanjungbalai Karimun. (Foto: Nurjali)

BATAMTODAY.COM, Batam - Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk Kantor Wilayah Padang menjamin dana nasabah akan aman dan berkomitmen untuk mengembalikan dana nasabah korban cyber crime di Tanjungbalai Karimun.

"BNI berkomitmen untuk mengembalikan dana nasabah, apabila berdasarkan hasil penelitian internal BNI bahwa nasabah menjadi korban," kata Dadang Surachman, Head of Network & Service BNI Tbk Kantor Wilayah Padang, dalam risinya kepada BATAMTODAY.COM, Rabu (7/12/2016).

Ia menjalaskan, kasus yang terjadi di Tanjungbalai Karimun merupakan dampak cyber crime, di mana pelaku memanipulasi ATM hingga data nasabah bisa mereka ambil. Dengan data yang mereka ambil secarfa ilegal tersebut, pelaku menarik dana nasabah dari tempat lain.

"BNI telah melakukan tindakan pengamanan terhadap rekening nasabah yang terindikasi akan menjadi korban, dengan melakukan blocking kartu ATM sehinga pelaku tidak dapat melakukan aksinya," ungkap Danang.

"Nasabah yang kartu ATM-nya di-block akan dihubungi oleh petugas BNI secepatnya dan dimohon bersedia mendatangi kantor cabang BNI terdekat untuk melakukan pergantian kartu," tambahnya.

Head of Network & Service BNI Tbk Kantor Wilayah Padang ini juga mengimbau masyarakat untuk melakukan tindakan pencegahan dan pengamanan, yakni dengan mengganti kartu PIN secara berkala, dan memastikan nomor pin tidak diketahui orang lain.

"Nasabah ketika menggunakan kartu ATM di mesin ATM, harus memastikan pengimputan PIN-nya aman dan tidak diketahui org lain untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Pemegang kartu ATM agar senantiasa menjaga kerahasiaan pin-nya," pungkasnya.

Editor: Yudha