Alat Berat PU Batam Dicegat Pam DTA di Waduk Sei Rempang
Oleh : Redaksi
Selasa | 06-12-2016 | 08:12 WIB
alat-berat-distop1.jpg

Satu unit truck trailaer lobo milik Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Batam, yang tengah mengangkut alat berat kobelko, dihentikan paksa petugas pengamanan daerah tangkapan air (Pam DTA) di Waduk Monggak Sei Rempang Batam, Sabtu (3/12/2016).

BATAMTODAY.COM, Batam - Satu unit truck trailer lobo yang tengah mengangkut alat berat Kobelko milik Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Batam dihentikan paksa petugas pengamanan daerah tangkapan air (Pam DTA) di Waduk Monggak Sei Rempang, Batam, Sabtu (3/12/2016).

Lobo yang berkapasitas puluhan ton itu dihentikan lantaran dipaksa melintas di bahu waduk. Padahal, bahu waduk itu hanya mampu menahan beban maksimal 3 ton dan juga bukan jalan umum yang dapat dilalui semua kendaraan.

"Lobo dan Kobelko itu terpaksa dihentikan. Petugas Pam DTA juga memerintahkan operator Lobo agar keluar dari bahu Waduk," kata Direktur Humas dan Promosi BP Batam, Purnomo Andi Antono, melalui pesan singkat yang diterima BATAMTODAY.COM, Senin (5/12/2016).

Alat berat milik Dinas PU Kota Batam itu, kata Andi, rencananya akan dibawa ke Kampung Pasir Panjang Monggak untuk pengerjaan jalan. Kendanti untuk kepentingan masyarakat, alat berat teraebut tetap saja tak bisa melintas di bahu waduk.

"Waduk itu bisa hancur kalau alat beratnya dipaksakan lewat. Sempat terjadi perdebatan. Tetapi, setelah diberi penjelasan operator dan masyarakat sekitar bisa memahami," kata dia lagi.

Guna menjaga kestablian penyangga air waduk, kata Andi, BP Batam akan membangun portal pembatas. Sebab, jika bahu sebagau penyangga air itu rusak atau pecah, akan menimbulkan kerugian yang cukup besar.

"Kami menghimbau semua masyarakat agar ikut menjaga dan melestarikan waduk. Kita harus sama-sama menjaga, karena waduk itu merupakan sumber air kita berasama," himbaunya.

Editor: Dardani