Tim Evakuasi Angkat Bangkai Pesawat Skytruck dari Dasar Laut Lingga
Oleh : Hadli
Senin | 05-12-2016 | 18:38 WIB
Kapolda-ke-TKP-jatuhnya-Skytruk.gif

Kapolda Kepri Brigjen Pol Sam Budigusdian dan Tim Basarnas saat melalukan pencarian di titik koordinat jatuhnya pesawat di Senayang Lingga. (Foto: Nurjali)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tim pencarian pesawat Polri jenis Skytruck M-28, Senin (5/12/2016), melakukan penyelaman untuk pengangkatan puing pesawat yang diketahui berada di dasar laut perairan Senayang, Kabupaten Lingga.

"Potongan masih di dasar laut, sejak pagi tadi pukul 10.00 Wib dilakukan pengangkatan bangkai pesawat," kata Kabid Humas Polda Kepri AKBP S Erlangga.

Bangkai pesawat Poliri itu berada tidak jauh dari titik jatuhnya di perairan Senayang, Kabupaten Lingga. Lokasi pesawat itu diberi tanda pada hari sebelumnya dilakukan pencarian. "Nanti akan dibawa terlebih dahulu ke Posko Basarnas di Tanjungpinang," jelasnya.

Perwira Polri lulusan Akpol 1990 ini juga menyampaikan, Kapolda Brigjen Pol Sam Budigusdian kembali memantau proses pencarian korban dan evakuasi bangkai pesawat menggunakan helikopter di Senayang Lingga bersama Asop (Asisten Operasional) Kapolri, Irjen Unggung Cahyono.

"Bapak Kapolda kembali ke Lingga untuk mendampingi Asop (Asisten Operasional) Kapolri untuk meninjau langsung proses evakuasi," pungkasnya.

Pesawat Polisi type M 28 Skytruck itu jatuh di perairan Senayang, Kabupaten Lingga, Sabtu (3/12/2016). Pesawat naas ini lepas landas dari Bandara Pangkal Pinang, Bangka Belitung, pukul 09.24 WIB menuju Bandara Hang Nadim Batam, dengan perkiraan landing pukul 10.58 WIB.

Namun di perjalanan pesawat yang mengangkut 13 penumpang termasuk awak pesawat itu hilang kontak di sekitar wilayah Kabupaten Lingga.

Adapun ke-13 penumpang pesawat, yang terdiri dari 5 crew dan 8 penumpang, adalah sebagai berikut:

  1. AKP Budi Waluyo (Pilot)
  2. AKP Eka Barokah (Pilot)
  3. AKP Tonce (Pilot)
  4. Brigadir Joko Sujarwo (Mekanik)
  5. Brigadir Mustofa (Mekanik)
  6. AKP Abdul Munir (Penumpang)
  7. AKP Safran (Penumpang)
  8. Bripka Erwin (penumpang)
  9. Briptu Andi Z (Penumpang)
  10. Bripda Rizal (Penumpang)
  11. Bripda Eri (Penumpang)
  12. Brigadir Suwarno (Penumpang)
  13. Brigadir Joko Sungatno (Penumpang)

Editor: Udin