ATB Lakukan Perbaikan Pipa Transmisi Utama
Oleh : Redaksi
Senin | 28-11-2016 | 08:38 WIB
perbaikanpipatransmisutama.jpg

Sejumlah pekerja tengah melakukan perbaikan di jaringan pipa utama ATB beberapa waktu lalu. (Foto: Humas ATB)

BATAMTODAY.COM, Batam - Guna menjaga keandalan suplai air kepelanggan, PT Adhya Tirta Batam (ATB) akan melakukan pekerjaan perbaikan pipa transmisi utama.

 

Perbaikan pipa transmisi utama dari Instalasi Pengolahan Air (IPA) dilakukan Senin (28/11/2016) malam, pada pukul 22.00 WIB hingga selesai, pekerjaan tersebut akan dilakukan di empat titik berbeda di Kota Batam.

"Fokus pekerjaan ini adalah perbaikan kebocoran pipa transmisi utama, pekerjaan ini dilakukan untuk penguatan suplai ke pelanggan. Untuk lokasi pengerjaannya ada di empat titik, mulai dari IPA Duriangkang, Tanjung piayu, dan dua pekerjaan di area Simpang Kabil," ujar Enriqo Moreno, Corporate Communication Manager ATB Jumat (25/11/2016).

Selama pengerjaan berlangsung, tambah Enriqo, proses produksi di IPA Duriangkang khususnya phase 1 dan 2 akan berhenti beroperasi total (Shutdown), sementara Phase 3 dan 4 akan tetap beroperasi. Pekerjaan ini sengaja dilakukan secara serentak agar lebih menghemat waktu.

Pekerjaan perbaikan ini, direncanakan dilakukan mulai dari kebocoran pipa transmisi dari IPA Duriangkang DN 800 mm, perbaikan kebocoran di Saddle Dam Simpang Pancur, pemasangan Valve DN 600 mm dan perbaikan kebocoran pipa area Simp Kabil.

Dengan adanya Shutdown Phase 1 dan 2 IPA Duriangkang, suplai ke beberapa wilayah pelanggan akan berdampak sebagian wilayah Batam centre.

Mulai dari Plamo, Duta Mas, Greenland, Edenpark, Anggrek Mas, Citra Batam, Marcelia, pertokoan Lotus, Cammo Industrial, perkantoran Pemko Batam, DPRD, Masjid Raya dan sekitarnya

Sementara di wilayah Bengkong hingga Batu Ampar mulai dari Bengkong Polisi, Bengkong Langit, Bengkong Palapa, Bengkong Swadaya, Bengkong Kartini, Pesona Mantang, kavling Mandiri, kavling Sentosa, Bengkong Palapa atas, Batu Ampar, Melcem, Batu Merah, Sengkuang, Lanal, Perum persero, Sengkuang Raya, Kavling Dahrul Ikhsan.

Wilayah Batu Aji dan sekitarnya juga akan terkena dampak dari pekerjaan perbaikan pipa, termasuk wilayah Tanjung Uncang hingga kawasan Marina dan sekitarnya.

"Pekerjaan ini juga bertujuan untuk pengoperasian rezim baru, karena saat pre-commissioning beberapa waktu lalu, ada beberapa titik pekerjaan yang masih belum sempurna seperti penggantian valve," ujarnya.

Sementara, untuk pemulihan (recovery) suplai air setelah dilakukan pekerjaan perbaikan, tergantung dari masing-masing wilayah. Wilayah terdekat dari IPA Duriangkang akan cepat mendapatkan suplai air.

Sebaliknya daerah yang berada di elevasi tinggi dan terujung dari IPA akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mendapatkan suplai.

"Suplai air pasca-pekerjaan akan kembali normal secara bertahap. Wilayah terdekat dari IPA tentunya akan lebih dulu mendapatkan pasokan air. Sementara daerah terjauh akan membutuhkan waktu karena akan mengisi pipa-pipa yang kosong terlebih dahulu," lanjut Enriqo.

Enriqo juga menghimbau selama pekerjaan berlangsung diharapkan pelanggan agar bisa menghemat air dan menyiapkan tampungan air seperlunya. Untuk informasi lebih lanjut bisa mengubungi Call Centre ATB di no 0778 467111.

Editor: Dardani