Gubernur Dukung Pembangunan Pipa Section 1 WNTS ke Pulau Pemping
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 23-11-2016 | 12:38 WIB
Nurdin-Menerima-Kunjungan-PGN1.jpg

Gubernur Kepri, Nurdin Basirun Menerima Kunjungan PGN. (Foto: Humas Pemprov)

BATAMTODAY.COM, Batam - Gubernur Kepri Nurdin Basirun menegaskan pihaknya sangat mendukung segala macam pembangunan infrastruktur di Kepri, termasuk pembangunan pipa gas oleh PGN.

Nurdin meminta agar setiap pembangunan yang dilaksanakan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Ia berharap agar pembangunan infrastruktur bisa langsung beroperasi di lapangan.

"Jangan terlalu banyak pertimbangan yang ujungnya realisasi di lapangan tidak kunjung terwujud. Ini yang tidak saya inginkan," kata Gubernur saat menerima kunjungan Perusahaan Gas Negara (PGN) Persero di Gedung Graha Kepri, Selasa (22/11/2016).

Tim PGN memaparkan rencana pembangunan pipa section 1 West Natuna Transportation System (WNTS) ke Pulau Pemping. Pipa tersebut merupakan pipa yang menghubungkan gas dari Natuna ke Pulau Pemping, Kecamatan Belakangpadang, Kota Batam. Dari Pemping, selanjutnya gas akan dimanfaatkan untuk berbagai keperluan di wilayah Batam dan Kepri. Dari mulai pembangkit listrik di Batam, kelistrikan untuk kawasan industri hingga gas untuk kebutuhan rumah tangga.

Direktur Teknik dan Pengembangan PGN Dilo Seno menjelaskan maksud dan tujuan kedatangannya memang untuk meminta masukan sekaligus melaporkan perihal pembangunan pipa gas section 1 WNTS ke Pulau Pemping.

"Pembangunan pipa gas tersebut ditarget selesai pada tahun 2017 mendatang. Dengan selesainya pembangunan pipa gas section 1 WNTS tersebut, maka kebutuhan gas dalam negeri, khususnya di Kepri, bisa terpenuhi dengan baik," kata Dino.

Editor: Yudha