Cuaca Buruk, 1 Jam Lebih Pelayaran di Pelabuhan Sekupang Lumpuh
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 14-11-2016 | 11:09 WIB
Pelabuhan-Sekupang1.jpg

Akibat Cuaca Buruk, Pelayaran di Pelabuhan Sekupang Sempat Lumpuh. (Foto: dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sejak pagi hingga menjelang siang hari, cuaca buruk berupa hujan deras disertai angin kencang terus melanda kota Batam. Tidak terkecuali di perairan.

 

Trasportasi kapal fery antar Kota maupun Provinsi terpaksa harus mengalami penundaan keberangkatan di Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) satu jam lebih pihak otoritas setempat melakukan penundaan hingga saat ini.

"Dari 09.30 kita tunda keberangkatan kapal. Karena cuaca buruk," kata Kepala Pos Syahbandar PDS Komaruddin dalam sambungan telpon Senin (14/11/2016) pukul 11.00 Wib.

Penundaan kapal itu membuat aktifitas pelabuhan yang dikelolah langsung oleh BP Batam lumpuh. terpantau sejak penundaan tidak ada kapal yang keluar masuk di dermaga domestik Sekupang.

Sudah 1 jam lebih penundaan terpaksa dilakukan Syahbandar, dikarnakan hujan disertai angin kencang yang terus melanda Batam. Setidaknya ada beberapa kapal yang batal berangkat sesuai jadwal. Yaitu, Seperti Tanjungbalai Karimun, Moro dan Tanjungbatu.

"Ada beberapa kapal yang kita tunda, itu juga menyangkut keselamatan penumpang," tegasnya.

Cuaca buruk ini kata Komaruddin, jarak pandang juga sangat terpatas, untuk kapten kapal di perairan. Hal itu yang membuat kekewatiran ketika kapal tetap dipaksakan untuk berlayar.

"Jarak pandang sangat terbatas. Kami sudah berkordinasi dengan otoritas pelabuhan terdekat. Memang cuaca dan jarak pandang terbatas, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Kami terpaksa tunda keberangkatan," pungkasnya.

Editor: Yudha