Sopir Tak Ditahan karena Tak Ada Korban

Satlantas Hanya Lakukan Pendataan Bus Pariwisata Nusa Jaya Indofast yang Terbakar
Oleh : Romi Chandra
Rabu | 19-10-2016 | 16:09 WIB
bus-terbakar4.jpg

Bus pariwisata milik PT Nusa Jaya Indofast yang hangus terbakar di Jalan Raya Sudirman, depan kawasan Sukajadi Batam, saat melaju arah Simpang menuju Simpang Jam, Selasa (18/10/2016) sore, sekitar pukul 14.15 WIB.

BATAMTODAY.COM, Batam - Keterangan resmi untuk penyebab terbakarnya bus pariwisata milik PT Nusa Jaya Indofast, hingga kini belum didapat pewarta dari pihak kepolisian. Kejadian di Jalan Sudirman, depan Sukajadi Batam, Selasa (18/10/2016) sekitar pukul 14.15 Wib, itu masih ditangani Polresta Barelang.

Kasat Lantas Kompol Andar Sibarani mengatakan, pihaknya hanya melakukan pendataan terkait kejadian tersebut. Kemungkinan besar, untuk penyebab terbakarnya akan diproses oleh Satreskrim.

"Kita hanya melakukan pendataan. Dalam kejadian tidak ada korban jiwa. Kejadian itu murni kecelakaan akibat korsleting. Namun untuk lebih pastinya, tanyakan ke Satreskrim," ungkap Andar.

Sementara menurut Kanit Laka lantas, Iptu Arman, sejauh ini sopir bus tersebut tidak ditahan. "Yang diamankan hanya barang bukti. Sopir tidak diamankan karena tidak ada korban jiwa," tambahnya.

Kebakaran Bus Pariwisata PT Nusa Jaya Indofast di Jalan Jenderal Sudirman, Batam, diduga akibat arus pendek dari bagian belakang, telpat mesin berada.

Menurut keterangan Demas Piper Minof, sopir bus tersebut, kejadian pertama kali diketahui oleh penumpang yang duduk di bagian belakang.

"Kami sedang melaju. Tiba-tiba penumpang bagian belakang berlari ke depan karena ada asap. Saya juga bingung dan langsung menghentikan bus," ungkap Demas, Selasa (18/10/2016).

Dilanjutkan, saat kejadian, ia lebih fokus menyelamatkan penumpang, sehingga barang-barang tidak sempat diselamatkan, karena api dengan cepat melahap isi bus.

"Api sangat cepat membesar, jadi tidak sempat menyalamatkan barang-barang. Untungnya tidak ada korban," lanjutnya. (*)

Editor: Dardani