Evaluasi Birokrasi dan Pelayanan di Kepri, E-Government Merupakan Keharusan
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 17-10-2016 | 10:14 WIB
rapat-arif1.jpg

Sekretaris Daerah Provinsi Kepri TS. Arif Fadillah saat rapat dengan tim Kementerian PAN dan Reformasi Birokrasi di Batam, akhir pekan lalu. (Foto: Charles)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sekretaris Daerah Provinsi Kepri TS. Arif Fadillah akan menvaluasi sistem birokrasi dan pelayanan di Kepri, sehingga pelayanan untuk masyarakat semakin baik. Segala kekurangan yang ada akan terus diperbaiki sehingga pelayanan akan semakin prima.

"Saya sudah evaluasi titik-titik mana saja yang harus diperbaiki," kata Arif usai menghadiri rapat dengan tim Kementerian PAN dan Reformasi Birokrasi di Batam, akhir pekan lalu.

Tim dari KemenPAN ini nantinya juga mengevaluasi titik-titik yang harus diperbaiki guna peningkatan mutu layanan. Pemanfaatan teknologi informasi untuk pelayanan juga semakin jadi prioritas. "Sistem e-Government jadi keharusan," kata Arif.

Menurutnya, selain peningkatan kualitas pelayanan, dengan e-Government juga akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi serta transparansi penyelenggaraan pemerintahan.

Dalam waktu dekat, kata Arif, pihaknya akan menerima perencanangkan sistem online semua pelayanan publik. "Apalagi, Bapak Gubernur Nurdin Basirun pun ingin hal ini segera diterapkan. Akan banyak pembenahan," kata Arif.

Hal ini memang sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat yang menghilangkan praktik pungutan liar. Apalagi di sektor perizinan, retibusi dan perpajakan.

Pada pertemuan tersebut, kata Arif, pihaknya juga melakukan optimalisasi sistem pelayan pajak di Samsat dengan mempergunakan IT dan ATM. "Kemudian rapat tersebut membahas laporan kinerja para SKPD," kata mantan Sekda Karimun ini.

Dalan kunjungannya akhir pekan lalu, Men PAN dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur menegaskan bahwa perbaikan sistem pelayanan publik diperlukan agar tak jadi beban bagi rakyat. Apalagi muncul pungutan liar. (*)

Editor: Yudha