Menpan Asman Abnur dan Menaker Hanif Dhakiri Puji Layanan PTSP Batam
Oleh : Gokli Nainggolan
Sabtu | 15-10-2016 | 08:12 WIB
menpan-asman1.jpg

Menteri Asman dan Menteri Hanif di PTSP Gedung Sumex Batam. (Foto: Gokli Nainggolan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menpan RB, Asman Abnur bersama Menakertrans, M. Hanif Dhakiri meninjau Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Batam di Gedung Sumatera Promotion Centre (SPC), Batam Centre, Kota Batam, Jumat (13/10/2016) sore.

Menteri Asman mengatakan, PTSP di Gedung SPC perlu ditingkatkan agar menjadi perekat hubungan antara Pemerintah Kota dengan BP Batam. Ke depan, kata Asman, semua pelayanan publik di Batam akan ditempatkan di Gedung SPC Batam Centre, baik pelayanan Pemko maupun BP Batam.

"Kita berharap, semua pelayanan publik di Batam, ke depannya bisa digabung di gedung ini (Gedung SPC). Segala kekurangan akan kita perbaiki, agar masyarakat mendapat pelayanan yang prima," kata Asman, usai melihat semua tempat pelayanan di Gedung Sumatera Promotion Centre.

Asman juga mengingatkan semua petugas pelayanan supaya tidak melakukan pungutan liar (pungli) atau pungutan lain di luar biaya yang sudah ditentutan. Sebab, pemberantasan pungli untuk semua pelayanan publik merupakan komitmen Presiden Joko Widodo.

"Sudah ada contoh di Kemenhub. Petugas pelayanan ditangkap. Saya harap pelayanan publik di Batam bisa menjadi contoh pelayanan yang baik di Indonesia," katanya.

Menteri Hanif menambahkan, ia fokus meninjau pelayanan publik khusus tenaga kerja. Di Batam, kata Hanif, pelayanan yang dilakukan sudah sama dengan daerah-daerah lain.

"Pelayanan izin untuk tenga kerja asing di Batam sudah baik. Pengurusan awal maupun perpanjangan izin kerja, selesai dalam waktu 3 jam. Ini bagus, sudah sama dengan daerah lain," kata Hanif.

Peninjauan layanan publik di Gedung SPC Batam Center yang dilakukan kedua Menteri Kabinet Kerja jilid II itu berlangsung singkat. Mereka, juga didampingi Gubernur Kepri Nurdin Basirun, Wali Kota Batam Muhammad Rudi dan Kepala BP Batam Hatanto Reksodiputro, serta sejumlah pejabat lainnya.

Sebelum meninjau PTSP, Menteri Asman dan Menteri Hanif memberikan kuliah umum di Kampus Batam Tourist Politiknik, daerah Tiban, Kecamatan Sekupang, Kota Batam. Kedua Menteri itu juga sempat melakukan pertemuan dengan pejabat BP Batam, Gubernur Kepri dan Wali Kota Batam.

Dikatakan Gubernur, pertemuan itu membicarakan masa depan Batam ke depannya. Ada beberapa solusi yang perlu mereka tindak lanjuti sebagai pemerintah daerah, agar Kepri dan Batam bisa bersaing dengan daerah lain, maupun negara-negara maju.

"Kita berharap Provinsi Kepri ke depan bisa berkompetisi dengan negara-negara maju," ujarnya.

Editor: Dardani