Satu Bulan ke Depan, Batam Kekosongan Blanko e-KTP
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 11-10-2016 | 18:27 WIB
blanko-KTP.gif

Ilustrasi e-KTP (Sumber foto: radiobuana.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Blanko Kartu Tanda Penduduk elektronik atau e-KTP mengalami kekosongan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam, sejak 1 Oktober lalu.

Begitu juga blanko yang sudah distribusikan ke kecamatan oleh Disdukcapil, juga mengalami hal serupa. Kekosongan blanko e-KTP ini tidak luput dari banyaknya masyarakat yang mengurus dan merekam. Setidaknya, Batam tidak akan mencetak KTP elektronik sampai satu bulan ke depan.

"1 Oktober kita sudah keluarkan surat edaran kepada masyarakat dan Camat atas habisnya blanko e-KTP ini. Blanko itu setidaknya November baru dikirim pusat," kata Kepala Dinas Disdukcapil, Mardanis, Selasa (11/10/2016) pukul 12.00 Wib.

Kepada BATAMTODAY.COM Mardanis mengaku, habisnya blanko lantaran tingginya permintaan masyarakat dalam pengurusan kartu tanda penduduk.

"Nanti yang menumpuk itu permintaan masyarakat pada satu bulan ini saja. Karena bulan berikutnya blanko diharapkan sudah dikirim pusat," tegasnya.

Untuk itu Masdanis berharap masyarakat jangan cemas dengan tidak adanya blanko KTP. Ia berharap masyarakt tetap merekam KTP ke Disdukcapil maupun di Kecamatan.

"Masyarakt jangan panik, rekam aja, di Indonesia yang belum merekam hampir 7 juta orang lagi," pungkasnya.

Editor: Udin