Simak! Begini Cara Mengecek Mobil Selundupan Dari Singapura
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 22-09-2016 | 10:43 WIB
mobiltangkapanpolair.jpg

Mobil bekas yang diselundupkan dari Singapura. (Foto: Ist) 

BATAMTODAY.COM, Batam - Mungkin masih banyak masyarakat yang tidak tahu membedakan mobil yang memiliki surat resmi dari daeler atau mobil bodong selundupan dari negara tetangga Singapura.

Sumber BATAMTODAY.COM yang merupakan mantan pemain mobil di Batam mengungkapkan bahawa cara membedakannya ternyata tidak sulit. Salah satunya, banyak kita temukan kendaraan roda empat memiliki seri Z mengaspal di Batam. Mobil Seri Z patut dipertanyakan karena hanya mobil-mobil tahun rendah 2003 kebawah yang mengenakan seri tersebut. Pasalnya, sejak tahun 2003 itu telah dilarang masuk Batam.

"Kalau mobil tahun 2008 keatas masih menggunakan seri Z patut dipertanyakan karena mobil tahun tinggi. Kalau Z itu tidak bayar pajak. CKD campuran nasional. Tapi kalau Z tahun-tahun lama sudah di putihan. Di Batam terahir 2003," kata sumber, Kamis (22/9/2016).

Menurutnya, pengurusan mobil selundupan dari Singapura finishing terahir itu di Samsat, dalam pengurusan dokumen kendaraan. Dalam membedakanya masyarakat bisa mengecek langsung dilapangan, jenis-jenis mobil yang sudah berumur 4 tahun. Karena di Singapura mobil boleh dipakai paling lama 7 tahun, itu pajak sangat tinggi.

"Kita bisa lihat dari produksi mobil tahun tinggi, tapi masih menggunakan plat Z. Itu sudah jelas kendaraan selundupan," katanya lagi.

Ia mencontohkan, mobil yang diproduksi tahun 2010-2012, namun dilapangan masih terlihat menggunakan seri Z itu, maka jelas ada permainan dari segi dokumen yang dimiliki. Tentu saja dalam dokumen STNK tahun produksi tentu dibuat menjadi tahun rendah.

"Dokumen itu juga dipermainkan oleh oknum. Mobil keluaran tinggi sementara di STNK jadi tahun rendah dan menggunakan seri Z," bebernya.

Sebelumnya,  aksi penyelundupan mobil mewah dari Singapura ternyata masih saja terjadi Batam. Terbukti, Kapal Patroli Polisi Perairan (Polair) Mabes Polri berhasil menangkap kapal yang mengangkut mobil yang diselundupkan dari Singapura, Sabtu (17/9/2016).

BACA :http://m.batamtoday.com/berita78034-Polair-Mabes-Polri-Tangkap-Kapal-Penyelundup-Mobil-dari-Singapura.html

Meski belum diketahui jenis dan merk mobil tersebut, begitu juga lokasi penangkapan di perairan mana, tapi informasi yang berhasil dihimpun di lapangan merupakan mebil mewah.

Direktur Polair Polda Kepri, Kombes Pol Teddy John Sahala Marbun SH M Hum, membenarkan penangkapan kapal penyelundup mobil mewah tersebut. "Tadi penangkapanya, tapi di mana penangkapanya belum diketahui," kata Teddy saat dihubungi BATAMTODAY.COM.

Ia juga mengatakan, penangkapan kapal penyelundup mobil tersebut dilakukan Kapal Patroli KP Bima. Namun dirinya mengaku belum mendapat laporkan secara resmi. "Saya baru dapat kabar, laporan resminya belum diterima. Barang bukti juga belum dilimpahkan, apa lagi jenis mobil yang ditangkap," pungkasnya.

Editor: Yudha