Penangkapan Terduga Teroris di Batam

Inilah Peran LH Terduga Teroris yang Ditangkap di Belakang Hotel Prima
Oleh : Romi Chandra
Minggu | 04-09-2016 | 08:00 WIB
teroris_batam_polres.jpg

Densus 88 tengah mengamankan terduga teroris LH di Mapolresta Barelang (Foto: Romi Chandra/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - LH (24), terduga teroris yang diamankan Densus 88 Antiteror, merupakan anggota dari kelompok Gigih Rahmat Dewa (GRD) atau Khatibah Gigih Rahmat (KGR), terduga teroris yang sebelumnya telah diamankan di Batam.

Dari data yang didapat, keterlibatan LH dalam kelompok yag menamakan diri KGR turut memfasilitasi keberangkatan WNI antara lain Dwi Djoko Wiwoho, mantan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Badan Pengusahaan Batam ke Syiria, serta menyembunyikan seorang teorirs dari Uigur China yang sebelumnya juga berhasil diamankan dan dideportasi.

Selain itu, ia bersama sama dengan kelompok teroris GRD memfasilitasi masuknya 2 WNA Uigur masuk ke Batam, dan menerima dana dari ETIM East Turkistan Islamic Movement untuk biaya kebutuhan hidup WNA Uigur.

Kemudian, juga melakukan latihan iddad di Batam menggunakan airsoftgun dan senapan angin dalam rangka persiapan berangkat ke Syiria, serta merencanakan penyerangan Marina bay.

Sejauh ini, LH sendiri diinformasikan diamankan masih diamankan di Mapolresta Barelang. Tampak, beberapa anggota Brimob berpakaian legkap menjaga pintu masuk dan keluar Satreskrim Polresta Barelang.

Berita sebelumnya, Tim Densus 88 kembali mengamankan seorang yang diduga tergabung dalam jaringan terorisme berinisial LH (24), Sabtu (3/9/2016) siang sekitar pukul 11.00 WIB.

Informasi yang didapat dari sumber BATAMTODAY.COM, penangkapan tersebut dilakukan di sebuah rumah di kawasan Perumahan Karina, belakang Hotel Prima, Fanindo Tanjununcang, Batuaji.

"Sekarang masih didalami dan dilakukan pengembangan," ungkap sumber, Sabtu sore.

Saat diamankan, tim juga menenemukan sepucuk senjata jenis airsoft gun, serta buku yangbelum diketahui isinya, dan satu unit sepeda motor.

Editor: Surya