Polair Polda Kepri Gagalkan Penyelundupan Puluhan Ton Barang Berbagai Jenis
Oleh : Irwan Hirzal
Minggu | 21-08-2016 | 13:38 WIB
Polair Polda Kepri (1).jpg

Ilustrasi

BATAMTODAY.COM, Batam - Jajaran aparat Polisi Perairan (Polair) Polda Kepulauan Riau (Kepri) kembali menggagalkan puluhan ton penyelundupan barang berbagai jenis Jumat (19/08/2016) pukul 23.30 WiB.

Penangkapan itu dilakukan menggunakan kapal patroli Polair, KM Tenaga Baru 1 GT 128 ditangkap di perairan Tanjung Sauh Kabil Batam, saat berlayar. Hal ini dibenarkan Dirpolair Polda Kepri Komisaris Besar Polisi Teddy J.S Marbun.

"Ya, kita amankan kapal membawa barang berbagai jenis yang akan diselundupkan," ujar Teddy minggu (21/08/2016) 12.40 Wib.

Nahkoda kapal berinisial MN berserta 9 anak buah kapal berhasil diamankan dalam penangkapan tersebut. Dalam pemeriksaan kapal KM Tenaga Baru diketahui berlayar dari Jurong Port dengan tujuan Tanjungpinang.

Nahkoda MN menurut Teddy tidak bisa menunjukan dokumen kapal, serta terdapat puluhan ton muatan yang tidak masuk ke manifes. "Untuk lebih lanjut kapal, nahkoda sekarang sudah di markas Polair Sekupang, guna pemeriksaan lebih lanjut," katanya.

Barang yang diduga tidak masuk dalam manifes yaitu, bawang, kentang, buah-buahan, sarden, kasur, jaring ikan, cabe kering, mesin curi bekas.

"Jumlahnya masih kami dihitung, dalam waktu dekat akan diriles. Tapi rencana kita akan limpahkan ke Bea Cukai," pungkasnya.

Editor: Surya