Bangun Silaturahmi Antar-Instansi Penegak Hukum Lewat Lomba Menembak
Oleh : Romi Chandra
Sabtu | 20-08-2016 | 15:16 WIB
irwasda1.jpg

Irwasda Polda Kepri, Kombes Samuel Balelang, secara resmi membuka Lomba Menembak Gembira Polresta Barelang di Lapangan Tembak Polresta Barelang, Sabtu (20/8/2016). (Foto: Romi Chandra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Perlombaan Menembak Gembira Polresta Barelang, yang digelar selama dua hari (Sabtu-Minggu) dalam rangka menyemarakkan HUT Polri dan HUT RI ke-71, diharapkan bisa membangun silaturahmi, kekompakan, membangun jiwa sportifitas antara Polri dengan instansi penegak hukum lainnnya serta Perbakin Kepri.

Hal itu disampaikan Kapolresta Barelang Komisaris Besar Helmy Santika di sela-sela lomba menembak yang digelar selama dua hari di Lapangan Tembak Polresta Barelang, Sabtu (20/8/2016).

"Kegiatan ini diikuti seluh instansi penegak hukum, mulai dari unsur Kodim, Batalion, Polda Kepi, Polresta Barelang sendiri, Bea dan Cukai, Lanal Batam, serta lainnya. Peserta lainnya juga dari organisasi Perbakin," ungkap Helmy.

Dalam perlombaan ini, lanjutnya, harus megedepankan kekompakan. Setiap tim terdiri dari gabungan kontingen, sehingga peserta tidak bisa memilih siapa anggota timnya. Di sinilah kerjasama tersebut harus terjalin, meski berbeda tempat bertugas atau bekerja.

"Begitu juga penilaian, meliputi akurasi dan waktu yang digunakan dalam menembak. Jika ingin menang, tentu harus bekerja sebagai tim," lanjutnya.

Selain itu, hal yang menarik dalam perlombaan tersebut, peserta tidak hanya ditantang untuk mengeluarkan kemampuannya menembak. Tap setiap tim juga harus memecahkan soal-soal yang diberikan panitia berkaitan dengan sejarah Kemerdekaan RI.

"Para peserta juga kita tantang untuk megikuti perlombaan tembak reaksi. Namun kegiatan ini akan dilakukan besok. Jumlah peserta saat ini cukup banyak, dan kami yakin peserta akan lebih banyak besok," tambah Helmy.

Irwasda Polda Kepri, Komisaris Besar Samuel Balelang, yang mewakili Kapolda Kepri Brigjen Pol Sam Budigusdian membuka acara, yang ditandai dengan penembakan sasaran pertama, mengaku sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

Ia juga berharap, kegiatan tersebut bisa menigkatkan SDM prajurit serta bisa menghasilkan atlit yang bisa mengharumkan nama Batam dan Kepri khususnya di kancah nasional maupun mewakili Indonesia ke kancah internasional.

"Di Kepri, olahraga ini perlu ditingkatkan lagi agar bisa menghasilkan atlit yang mumpuni. Jika dilihat dari sarana dan prasarana, kita sudah memilikinya. Para atlit bisa memanfastkan sarana tersebut untuk tempat latihan," ungkapnya.

"Mewakili Kapolda, saya berharap dengan lomba menembak ini dapat terjalin silaturahmi yang makin baik antara Polri dengan instansi terkait. Solidaritas semakin bisa ditingkatkan. Begitu juga dengan masyarakat yang tergabung dalam Perbakin," pungkasnya.

Editor: Dardani