Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi HUT RI ke-71 di Kota Batam Hikmat
Oleh : Roni Ginting
Rabu | 17-08-2016 | 15:50 WIB
hutridibatam.jpg

Inilah momentum pengibaran bendera pada upacara peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 tingkat Kota Batam, Rabu (17/8/2016). (Foto: Roni Ginting)

BATAMTODAY.COM, Batam - Upacara peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 tingkat Kota Batam, Rabu (17/8/2016) berlangsung hikmat. Upacara tersebut dipusatkan di lapangan Engku Puteri Batam Center dan dihadiri seluruh lapisan masyarakat Batam.

 

Walikota Batam, Muhammad Rudi sebagai inspektur upacara dan Paspotmar Lanal Batam, Mayor Laut (PM) Syarifuddin sebagai perwira upacara dan komandan upacara Mayor Laut (S) taufan Bagus Wicaksono, Pasintel Lanal Batam.

Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) terdiri dari pelajar-pelajar terbaik se-Kota Batam berjumlah 34 orang terdiri dari 18 putri dan 16 putra serta gabugan dari TNI/POLRI yang tergabung dalam pasukan 17, 8 dan 45.

Bertindak selaku Komandan Kompi Paskibra Letda Marinir Fajarian Adinur Susanto jabatan sehari-hari Danton Pertempuran Khusus di Yonif 10 Marinir Satria Bumi Yudha Batam. Sedangkan Komandan Pleton Paskibra Egi Alfalah asal SMA Negeri 1 Batam.

Petugas bendera terdiri dari, penjemput bendera Nabila Anjani dari SMA Negeri 1 Batam, pengapit kiri Fiona Aurora Tambunan dari SMA Negeri 1 Batam dan pengapit kanan Karina Puspita Dewi dari SMA Negeri 5 Batam.

Sementara Petugas Pengibar yakni Pembawa baki Virsta Safira dari SMA Negeri 1 Batam, pengerek bendera M. Ridho Maulana Hendrian dari SMK Maritim Batam, Pembentang bendera Syukror Rozi dari SMA Negeri 1 Batam dan pemegang bendera Lucky Nicolas Rumabutar dari SMA Negeri 8 Batam.

Upacara bendera dalam rangka Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71 itu dimulai sekitar pukul 10.00 WIB bertepatan dengan detik-detik pembacaan teks proklamasi oleh Presiden pertama Indonesia, Soekarno, pada 17 Agustus 1945. Dilanjutkan dengan pembacaan teks proklamasi oleh Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto, pembacaan doa oleh Kepala Kantor Kementrian Agama Batam, Zulkiflii serta penaikan bendera merah putih.

Adapun Formasi yang dibentuk oleh Paskibra adalah angka 71 sebagai perlambang HUT Kemerdekaan RI ke-71 tahun 2016.

Setelah upacara bendera, Walikota Batam Muhammad Rudi mengatakan, upacara kali ini berlangsung khidmat. Rangkaian upacara ini telah disesuaikan dengan protap pemerintah pusat.

Pemko Batam, sebut Rudi, berharap kehidupan masyarakat Batam akan semakin baik. Dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi, harapannya masyarakat Batam semakin sejahtera.

"Oleh karena itu, mari masyarakat Batam terus bekerja dan berkarya untuk hidup yang lebih baik," katanya.

Adapun peserta upacara terdiri dari 10 kompi yakni kompi Yonif 136 Tuah Sakti, kompi gabungan TNI, kompi gabungan Polda Kepri, kompi gabungan Polresta Bareleng, Satpol PP Batam, Ditpam BP Batam, Kompi Bea Cukai Batam, Imigrasi Batam, Damkar dan Damkar Batam, Kompi gabungan Dishub Batam, Kanpel/KPLP Batam dan Wanra Dim Batam, Kompi gabungan Linmas, PNS dan KORPRI Kota Batam, Kompi gabungan Menwa Batam, PPM Batam dan Pemuda Pancasila Batam, Kompi gabungan pelajar SMA, SMK dan pramuka serta Kompi Aubade.

Upacara ini juga dihadiri oleh unsur forum komunikasi pimpinan daerah, pejabat di lingkungan Pemko Batam, Anggota DPRD Kota Batam serta para veteran.

Editor: Dardani