Rasa Nasionalisme Juga Bagian dari Ibadah

Luar Biasa, Jemaat GKPA Gelar Upacara Bendera HUT Kemerdekaan RI ke-71
Oleh : Roni Ginting
Rabu | 17-08-2016 | 14:32 WIB
upacara-gkpa2.jpg

Upacar HUT Kemerdekaan RI ke-71 di Gereja Kristen Protestan Angkola (GKPA) Resort Kota Batam di Aviari, Kecamatan Batuaji, yang diikuti ratusan jemaat, berlangsung hikmat. Upacara dipimpin Pendeta H. Harahap Sth. 

BATAMTODAY.COM, Batam - Ada pemandangan bebeda di Gereja Kristen Protestan Angkola (GKPA) Resort Kota Batam di Aviari, Kecamatan Batuaji, Rabu (17/8/2016). Biasanya, acara di rumah ibadah ini tak jauh dari kegiatan kerohanian, memanjatkan puji-pujian kepada Tuhan.

Namun kali ini berbeda, para jemaat gereja menggelar penghormatan kepada Sang Merah Putih dalam Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-71. Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-71 ini berlangsung di halaman gereja, yang dimulai pukul 10.00 Wib.

Upacara dipimpin langsung oleh Pendeta H. Harahap Sth, dan diikuti ratusan jemaat GKPA Kota Batam. Sementara Pendeta Arnold Sth, tampil sebagai komandan upacara.

"Jemaat ikut berpartisipasi sebagai rasa nasionalisme pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71," kata Tumbur Hutasoit, salah satu jemaat yang bertindak sebagai petugas pengibar bendera, seusai upacara.

Ia juga mengatakan, ratusan jemaat GKPA Resort Kota Batam telah berperan aktif dalam menjaga dan mengisi kemerdekaan, khususnya di Kota Batam.

Dengan pelaksanaan upacara bendera ini, kata Tumbur, diharapkan rasa nasionalisme para jemaat GKPA semakin tumbuh. "Rasa nasionalisme jemaat harus kita tumbuhkan, karena rasa nasionalisme itu juga merupakan bagian dari ibadah. Semoga ke depannya, gereja-gereja lain juga melaksanakan kegiatan yang sama," pungkasnya.

Editor: Udin