Pelabuhan Punggur Dipastikan Rampung November 2016
Oleh : Hadli
Selasa | 16-08-2016 | 18:22 WIB
Pelabuhan-Punggur.jpg

Kondisi saat ini Pelabuhan Punggur (diambil pada Minggu 14 Agustus 2016) (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pembangunan Pelabuhan Umum Telaga Punggur ditargetkan selesai pada November 2016. Dengan anggaran sebesar Rp64 miliar, saat ini pembangunan dalam tahap mencapai 68 persen.

"Saat ini pembangunan masih berjalan. Rancangannya seperti Pelabuhan Internsional agar tidak timpang," kata Direktur Promosi dan Humas BP Batam Purnomo Andiantono di Batam, Selasa (16/8/2016).

Fungsi Pelabuhan Telaga Punggur masih tetap melayani pelayaran domestik antar Kabupaten dan Kota di Kepulauan Riau, dengan dibangun kembali sejak awal 2015 lalu.

Dalam rancangan bertaraf pelabuhan Internasional itu, gedung tersebut memiliki luas sekitar 2.997 yang terdapat pada lantai dasar yang akan dijadikan tempat lahan parkir inap, toko dan perkantoran instansi terkait.

Kondisi saat ini Pelabuhan Punggur dari samping (diambil pada Minggu 14 Agustus 2016 ) (Foto: Hadli)

Untuk lantai dua dengan luas 3.031 meter persegi digunakan untuk areal keberangkatan, UPT Pelabuhan Laut dan kantor-kantor lainnya termasuk instansi konter penjualan tiket pelayaran. Kemudian lantai tiga seluas 3.031 meter persegi, digunakan untuk kawasan kedatangan calon penumpang.

Pembangunan menggunakan anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu), masing-masing pada 2015 menghabiskan sekitar Rp46,3 miliar dan disusul tahun 2016 sebesar Rp18,63 miliar.

"Pelabuhan dirancang senyaman mungkin seperti pelabuhan internasional yang sudah dibangun BP Batam. Jadi tidak lagi ada ketimpangan antara fasilitas internasional dan domestik," kata Andi.

Selain membangun Pelabuhan Telaga Punggur, BP Batam juga sudah mulai membangun Pelabuhan Domestik Sekupang. Namun pelabuhan ini menghubungkan antar Provinsi yakni Provinsi Kepri, Provinsi Riau dan Jambi.

Editor: Udin