Begini Tingginya Animo Warga Taman Baloi Mengikuti Program Bank Sampah
Oleh : Roni Ginting
Selasa | 16-08-2016 | 16:43 WIB
banksampah.jpg

Beginilah antusiasme warga Kelurahan Taman Baloi Batam di bank sampah. (Foto: Roni Ginting)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kelurahan Taman Baloi secara rutin melakukan penimbangan sampah dari warganya di Bank Sampah. Hasilnya, bisa bisa ditukarkan dengan beras.

 

"Hari ini kita melakukan penimbangan sampah di bank sampah yang bisa ditukarkan dengan beras," kata Dwiki Septiawan, Lurah Taman Baloi, Selasa (16/8/2016).

Ia menjelaskan, warga yang mengikuti program Bank Sampah sebanyak 470 kepala keluarga. Program tersebut merupakan inisiatif Kelurahan dengan tujuan untuk membantu masyarakat kurang mampu dalam membeli Raskin, sekaligus memasyarakatkan program Bank Sampah.

"24 jenis sampah yang diterima, di antaranya karton, kardus, buku LKS, kertas HVS, Botol dan galon yang dibedakan dalam kategori bersih dan kotor," terangnya.

Hal tersebut, disambut dengan antusias dari masyarakat. Terbukti dengan tingginya animo masyarakat yang menukarkannya. Dalam sebulan, bisa mengumpulkan sampah rata-rata sekitar lebih dua ton.

"Sampah tersebut kemudian dijual kembali oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan ke perusahaan-perusahaan. Hasilnya mencapai Rp9 sampai Rp10 juta," ungkap Dwiki menjawab BATAMTODAY.COM.

Ditambahkan, Kelurahan tidak memaksakan masyarakat untuk mempergunakan dana Bank Sampahnya untuk membayar Raskin, bisa juga digunakan untuk keperluan lainnya.

Editor: Dardani