Menpan-RB Nilai Pelayanan SIM di Batam sudah Lebih Maju
Oleh : Romi Candra
Sabtu | 13-08-2016 | 16:02 WIB
asmanbikinsim.jpg

Menpan-RB Asman Abnur tengah diambil fotonya untuk identidas dalam SIM. (Foto: Romi Candra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pelayanan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Polresta Barelang, dinilai sudah selangkah lebih maju dari daerah lain, dan sudah menerapkan prosedur sesuai standar E-Governmentnya.

 

Hal itu diungkapkan Mentri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Asman Abnur, saat meninjau sekalius membuat SIM di Mapolresta Barelang, yang didampingi Deputi Pelayanan Publik Diah Natalisa, Sabtu (13/8/2016).

Penilaian tersebut ia kemukakan, dikarenakan proses pembuatan SIM di Polresta Barelang tergolong cepat. Tidak perlu menunggu lama, hanya dalam waktu 45 menit SIM sudah selesai dibuat, mulai dari pendaftaran, tes hingga selesai dicetak.

"Pembuatan SIM adalah hak rakyat agar isa mengikuti aturan dalam berlalu lintas. Aparatur negara harus memberikan pelayanan yang standar dan tidak rumit. Salah satunya pelayanan SIM yang dibuat oleh Kapolda Kepri, sudah bagus, sudah selangkah lebih maju dari daerah lain dan standar E-Governmentnya sudah jalan," ungkap Asman.

Dalam pembuatan SIM tersebut, Asman juga mengikuti prosedur yang diterapkan. Saat ia datang juga langsung didambut Kapolda Kepri bersama Kapolresta Barelang serta perwira lainnya.

Pantauan, Asman juga sempat berbincang dengan para pemohon pembuatan SIM. Kemudian memulai pembuatan SIM dengan mengeluarkan KTP untuk registrasi. Dilanjutkan dengan menjalani tes tertulis secara online.

"Prosesnya disini tidak terlalu rumit. Namun saat tes online memang cukup memamakan waktu, karena harus menjawab banyak pertanyaan, dan itulah prosedurnya. Sekarang saya memiliki SIM resmi. Mungkin baru saya mentri yang membuat SIM di Polresta Barelang ini," ujar Asman sambil bercanda.

Ia juga mengharapkan, Polresta Barelang bisa mempertahan sistem pelayanan yang sudah baik tersebut. "Kalau bisa lebih ditingkatkan, agar masyarakat tidak merasa kesulitan lagi dalam membuat SIM," pugkasnya.

Editor: Dardani