Asman Abnur Tinjau Pelayanan Publik di Polda Kepri
Oleh : Hadli
Sabtu | 13-08-2016 | 15:14 WIB
Asman-Abnur-di-rs-polisi1.jpg

PenPan RB Asman Abnur saat berbincang dengan salah satu dokter forensik di Rumah Sakit Bhyangkara Batam Polda Kepri, Batubesar, Kecamatan Nongsa. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, BATAM - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPan RB), Asman Abnur, memantau fasilitas dan pelayanan publik di Polda Kepri dan Polresta Barelang, Sabtu (13/8/2016).

Didampingi Kapolda Kepri Brigjen Pol Sam Budigusdian dan Kapolresta Barelang Komisaris Besar Helmy Santika, Asman Abnur meninjau kegiatan pelayanan dan pembuatan SIM di Satlantas Polresta Barelang.

Asman juga meninjau pelayanan publik di Samsat Kepri, Batam Center. Selanjutnya meninjau fasilitas Rumah Sakit Bhayangkara Batam Polda Kepri di Batubesar, Kecamatan Nongsa.

Asman menjelaskan, kunjungannya kali pertama setelah dilantik sebagai MenPan RB, adalah untuk melihat langsung pelayan masyarakat di Polda Kepri dan jajarannya. "Polda di Kepri ini tergolong baru, tetapi sudah memiliki fasilitas yang baik. Itu artinya polisi siap untuk melayani masyarakat," ujar Asman.

Asman Abnur yang merupakan mantan anggota DPR RI dapil Kepri, tentunya mengetahui secara persis budaya pelayanan publik di Polda Kepri, khususnya Polresta Barelang, dan pelayanan ASN di lingkungan Pemko dan BP Batam.

Dalam diskusi publik bertajuk "Reformulasi Strategi Kebijakan Pengembangan Wilayah Batam dan Sekitarnya, sebagai Wilayah Berdaya Saing Tinggi Secara Ekonomi" yang digelar Bank Indonesia di Hotel Radisson, Batam, Jumat (12/8/2016) kemarin, Asman Abnur menekankan pada peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pelayanan publik.

Asman Abnur mengatakan, awal jabatannya diangkat sebagai menteri, akan melakukan perubahan birokrasi. Karena kenyataan di lapangan, masih banyak keluhan, seperti ngurus KTP dan mengurus IMB juga masih susah.

"Ya, susah. Tugas saya agar yang susah jadi senang. Birokrasi yang bersih dan akuntabel. Efektif dan kemudian yang ditekankan Presiden yaitu layanan publik," kata Asman. "Dasarnya sudah kuat, yang mau dibuat adalah komitmen mau berubah atau tidak. ASN harus berubah."

MenPan RB sebelumnya, Yuddy Chrisnandi, mengatakan hasil survei yang dilakukan Kementerian PANRB, masyarakat di Kepri khususnya Tanjungpinang menghindari untuk berurusan dengan Polisi. Hal tersebut dikarenakan ada stigma di masyarakat yang mengakibatkan rasa takut untuk berhadapan dengan polisi.

Editor: Dardani