Kemenpar Sosialisasi Branding Destinasi Kepulauan Riau ke Mahasiswa di Batam
Oleh : Roni Yudha Ginting
Jum'at | 12-08-2016 | 13:14 WIB
Uji-kelayakan-branding-Kepri.jpg

Kementerian Pariwisata melakukan Uji Publik Branding dan Sosialisasi Brand Destinasi Kepri, yang berlangsung di Hotel Harris (Foto: Roni Yudha Ginting)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebagus-bagusnya branding yang dibuat, tanpa proses lanjutan berupa brand activity, ibarat seorang penyanyi yang memiliki suara merdu, namun ia tidak pernah tampil di atas panggung.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, Guntur Sakti, terkait kegiatan Kementerian Pariwisata dalam melakukan Uji Publik Branding dan Sosialisasi Brand Destinasi Kepri, yang berlangsung di Hotel Harris, Batam, Kamis (11/8/2016).

"Kepri itu spirit, tinggal bagaimana mengkampanyekannya," tegas Guntur.

Menurutnya, di antara 10 provinsi kepulauan yang ada di Indonesia, Kepri memiliki keunikan dan keunggulan tersendiri. Salah satunya adalah enam pintu masuk atau Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) yang dimiliki provinsi ini, di Pulau Batam, Bintan, dan Karimun.

Keunggulan cross border tourism itulah yang menjadikan Kepri sebagai pintu masuk terbesar ketiga di Indonesia. Tercatat 40 persen wisatawan mancanegara  masuk melalui Jakarta, 30 persen Bali, dan 20 persen Batam. Sedangkan 10 persen sisanya tersebar di pintu masuk lain selain ketiga kota tersebut.

Keunikan Kepri lainnya adalah persoalan nama. Dalam kegiatan Uji Publik Branding dan Sosialisasi Brand Destinasi Kepri, Guntur bertekad, dalam konteks domestik masyarakat benar-benar mengenal Kepri sebagai sebuah unggulan destinasi pariwisata.

"Saya ingin semua orang bisa persis melafalkan Kepri. Penyebutan nama Kepulauan Riau harus dibiasakan dan dikemas dengan kata Kepri,” kata Guntur.

Namun demikian, tambahnya, bila Kementerian Pariwisata melihat nama Riau Islands memiliki kekuatan dalam memasarkan kepariwisataan Kepri di mancanegara, maka tak ada salahnya brand tersebut digunakan di luar. Terminologi yang sama dengan penggunaan brand Wonderful Indonesia untuk promosi di mancanegara dan Pesona Indonesia untuk pasar domestik.

Editor: Udin