Mega Break Through 71 Tahun Kemerdakaan Indonesia

Membangun Identitas Baru untuk Batam Bersama Kalangan Muda
Oleh : Redaksi
Rabu | 03-08-2016 | 17:12 WIB
mega-break-through.jpg

Pembina Gempita, Hany Andreas memberikan penjelasan seputar iven Mega Break Through 71 Tahun Kemerdakaan Indonesia yang akan dihelat di Batam. (Foto: Dodo)

BATAMTODAY.COM, Batam - Momen peringatan 71 tahun kemerdekaan Indonesia akan dimanfaatkan oleh Gerakan Masyarakat Peduli Batam (Gempita) bersama Generation of Change untuk mewujudkan sebuah identitas baru bagi Batam.

 

Pembina Gempita, Hany Andreas menuturkan pihaknya sudah merancang acara bertajuk Mega Break Through 71 Tahun Kemerdakaan Indonesia yang akan diisi dengan sejumlah kegiatan, salah satunya Color Marathon pada Minggu (21/8/2016) mendatang.

"Inti dari kegiatan ini adalah mewujudkan sebuah identitas baru bagi Batam. Batam merupakan kunci," kata dia, Rabu (3/8/2016).

Secara historis, Batam dibangun sebagai pintu gerbang perdagangan dan industri di era 80an. Kemudian dikembangkan untuk pintu gerbang pariwisata 2000an.

Nah, kata Hany, pembangunan Batam saat ini timpang lantaran pulau-pulau penopangnya justru statusnya "digantung" oleh pemerintah pusat. "Ada tujuh pulau dan itu menjadi satu yakni Barelang.

Bukan sekedar pulau tapi merupakan kunci. Nah, kegiatan ini merupakan cara bagaimana menemukan anak kunci yang hilang," kata dia sambil menunjukkan gambar pulau Batam, Rempang dan Galang beserta empat pulau lainnya yang memang mirip anak kunci.

Dia mengatakan makna angka 7 dan 1 dalam 71 tahun kemerdekaan Indonesia, dimanifestasikan sebagai Tujuh Terobosan untuk 1 Indonesia. Tujuh terobosan tersebut yakni pendidikan, ekonomi kreatif, sehat lingkungan, kesadaran hukum, iptek, sosial budaya, dan akhlak/moral.

"Di sini kami akan kampanyekan bagaimana memunculkan kebanggaan sebagai "orang kunci"," kata dia merujuk pada gugusan pulau-pulau Barelang yang memang mirip kunci.

Sementara, untuk iven Color Marathon nantinya akan digelar di kawasan Engku Putri Batam Centre. "Selain mengampanyekan Bangga sebagai Orang Kunci, Color Marathon juga bertujuan untuk mewujudkan sehat raga, sehat jiwa, sehat lingkungan, sehat hubungan, dan sehat sempurna," ujarnya.

Bersama kalangan anak muda, dia mengaku akan terus mengampanyekan kebanggaan ini bergandeng tangan dengan sejumlah media massa dan hal ini juga telah mendapatkan dukungan dari stakeholder seperti Pemko maupun BP Batam.

Editor: Dodo