Kapal Mikonatalia Kandas, Puluhan Penumpang Dievakuasi
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 28-07-2016 | 15:22 WIB
djoko-wiwin-pds.jpg

Djoko Wiwin S, Pelaksana Harian Kepala Pos Syahbandar Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS).

BATAMTODAY.COM, Batam - Kapal ferry penumpang Mikonatalia yang berangkat dari Tanjungbalai Karimun menuju Batam kandas di depan Pelabuhan Beton Sekupang, Kamis (28/07/2016) pukul 10.30 WIB.

 

Kandasnya kapal yang mengangkut puluhan penumpang tersebut di lokasi yang sama, tempat KM Kelud mengalami hal serupa. Hal ini dibenarkan Djoko Wiwin S, Pelaksana Harian Kepala Pos Syahbandar Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS).

"Ya, tadi kapal penumpang Mikonatalia kandas di depan Pelabuhan Beton Sekupang. Kapal tersebut dari Tanjungbalai Karimun," kata Djoko ditemui di kantornya.

Djoko mengungkapan kandasnya kapal Mikonatalia saat itu lantaran air tengah surut. Berdasarkan informasi kapal berhenti mendadak lantaran ada sebuah speedboat kecil yang terbalik. Berniat untuk menolong empat orang yang terbalik. Namun kapal malah terdorong oleh arus ke lokasi yang kandas

"Jadi mau menolong empat orang ini yang terbalik menggunakan speedboat. Tapi malah terdorong arus hinggga kandas di pasir," ujarnya.

Pertolongan keempat orang tersebut pun batal dilakukan, anak buah kapal Mikonatalia langsung memanggil speedboat pancung yang melintas di lokasi guna menlakukan pertolongan.

"Jadi empat orang ini yang menolong kapal pancung juga, yang melintas. Karena kapal Mikonatalia kandas, empat orang itu selamat," kata Djoko.

Menurut Djoko akibat kejadian itu, operator kapal langsung menerjunkan kapal ferry Serikandi 7 untuk mengevakuasi 90 orang penumpang. Beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka-luka. Bahkan kapal tidak mengalami kerusakan.

"Ketika sudah dievakuasi menggunakan Serikandi 7, Mikonatalia dengan sendirinya bisa lepas dari kandas. Karena hanya menempel dengan pasir saja," pungkasnya.

Editor: Dodo