Waspada, Ada Potensi Puting Beliung dan Petir di Kepri
Oleh : Hadli
Selasa | 26-07-2016 | 16:56 WIB
petir.jpg

Ilustrasi petir.

BATAMTODAY.COM, Batam - Kantor Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim menyatakan, cuaca buruk di Kepri saat ini berpotensi terjadi pembentukan angin puting beliung dan petir.

 

"Aktivitas awan commulus nimbus dan puting beliung serta petir dan meningkat. Masyarakat harus hati-terhadap hal ini," kata Kepala BMKG Hang Nadim Batam, Philip Mustamu, Selasa 26/7/2026).

Philip menjelaskan, wilayah Kepri berbeda dengan wilayah lainnya yang memiliki perputaran musim. Kepri, tambahnya akan selalu terjadi curah hujan dengan waktu yang tidak menentu.

"Pada bulan Mei dan Juni, curah hujan mengalami meningkatan. Pada bulan berikutnya, tidak menutup kemungkinan juga terjadi hujan. Tapi intensitasnya cenderung lebih rendah dibanding bulan sebelumnya," jelas Philip.

Philip mengimbau kepada masyarakat selaku pengguna transportasi laut untuk tetap waspada pada gelombang tinggi di wilayah Kepri.

"Gelombang tinggi di perairan Natuna, Bintan dan Anambas serta arus laut yang kuat di wilayah perairan Kepri harus diwaspadai," jelasnya.

Editor: Dodo