Masuki Musim Selatan, Nakhoda Kapal Diimbau Waspada
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 25-07-2016 | 14:34 WIB
gelombang_tinggi.jpg

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Nakhoda kapal diimbau untuk waspada dan berhati-hati saat melaut dikarenakan saat ini sudah memasuki musim selatan. Imbauan ini disampaikan Direktorat Polisi Perairan Polda Kepri menyikapi adanya kapal pengangkut TKI yang tenggelam di perairan Malaysia.

 

"Situasi perairan Kepri sudah masuk musim selatan. Nakhoda kapal harus berhati-hati. Soal kapal TKI tenggelam masih kita cek kapal milik siapa dan lidik, kalau soal itu koordinasi ke Kasubdit Gakkum," kata Kasubdit Satuan Patroli Daerah (Satroda) Polair Polda Kepri, AKBP Danu Waspodo, Senin (25/7/2016).

Danu mengaku pihaknya tetap melakukan patroli rutin didaerah perbatasan negara tetangga untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. "Sudah musim selatan, gelombang cenderung tinggi, apalagi wilayah Kepri. Tapi ketinggian gelombang laut belum tahu, namun hanya waktu-waktu tertentu angin kencang," katanya.

Danu juga mengaku sudah berkoordinasi ke otoritas cuaca dan pelayaran. Apabila cuaca tak memungkinkan, maka pelayaran harus ditunda..

"Kapal harus layak jalan sebelum berlayar. Apabila ada situasi darurat bisa hubungi kontak Polair Polda Kepri di nomor 0778-326632," pungkasnya.

Baca juga: Kapal Pengangkut TKI Ilegal Tenggelam di Perairan Malaysia, 6 Tewas!

Editor: Dodo