Usai Lebaraan Pasien Rawat Jalan di RSUD Embung Fatimah Melonjak
Oleh : Harun Al Rasyid
Selasa | 12-07-2016 | 18:41 WIB
pasienrsud.jpg

Para pasien di RSUD Embung Fatimah Batuaji Batam. (Foto: Harun Al Rasyid)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pasca lebaran tahun 2016 ini, pasien di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah Batam di Batuaji, mendadak diserbu para pasien. Umumnya, puluhan pasien yang datang di rumah sakit milik pemerintah ini adalah pasien rawat jalan.

 

Pantauan BATAMTODAY.COM, membludaknya pasien ini terpantau sejak hari pertama masuk kerja Senin (11/7/2016) hingga Selasa (12/7/2016) hari ini. Kondisi ini tentu berbeda dengan hari-hari sebelumnya yang mana pasien rawat jalan tidak sebanyak itu.

Membludaknya pasien rawat jalan itu karena sebagian pasien beranggapan bahwa klinik rawat jalan juga tutup selama liburan Lebaran beberapa waktu lalu. Padahal klinik rawat jalan sudah dibuka sejak, Sabtu (9/7/2016).

"Tak tahu kalau sudah buka dari hari Sabtu kemarin, saya kira masih tutup, makanya baru hari ini saya ke sini," ujar Ernawati salah satu pasien di poli klinik RSUD.

Ernawati sendiri merupakan pasien yang mengalami gangguan pada telingah dan dia sudah rutin menjalani pengobatan di klinik Telinga, Hidung dan Tenggorok (THT) RSUD, namun sepekan belakangan ini tidak bisa datang kontrol karena poli klinik rawat jalan tutup sejak tanggal 4 hingga tanggal 9 Juli kemarin. "Makanya baru hari ini saya kembali kontrol, takut kenapa-kenapa nantinya," ujarnya.

Senada disampaikan oleh Robyn pasien di poli syaraf. Dia terpaksa mengantri sejak pagi hari, karena memang selama liburan Lebaran kemarin, dirinya belum punya waktu ke RSUD. "Cuman kontrol saja sih, bengkak leher dan pipi saya katanya ada kaitan sama syaraf. Sudah seminggu ini gejalah penyakit ini, tapi kemarin-kemarin kan masih sibuk silaturhami dengan saudara dan kerabat jadi baru hari ini saya datang cek," ujarnya.

Kedatangan pasien di klinik rawat jalan itu disambut baik oleh petugas medis RSUD sebab, seluruh petugas medis untuk semua klinik rawat jalan yang ada sudah aktif masuk kerja. "Kalau aktif sudah dari tanggal 9 kemarin, hari ini memang agak banyak ya mungkin pasien pikir kami masih libur kemarin-kemarin, "ujar salah satu petugas medis di lantai II gedung rawat jalan RSUD Embung Fatimah.

Sementara itu pihak Humas RSUD, Nuraini mengatakan hari ini, pasien yang mendatangi RSUD lebih meningkat dibandingkan dengan hari kemarin. Meningkatnya pasien ini karena libur lebaran dan ketidaktahuan pasien mengenai poli klinik yang lain yang sudah di buka Sabtu lalu.

"Hari ini memang lebih banyak dari kemarin maupun hari-hari sebelumnya. Kalau pegawai kita juga sudah aktif lagi dari hari pertama kerja," kata Nuraini.

Editor: Dardani