Gegara Rapor Tak Sinkron, Penerimaan Siswa SMP dan SMA Unggulan Gagal Total
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 13-06-2016 | 18:22 WIB
sma1batam.jpg

BATAMTODAY.COM, Batam - Hari pertama penerimaan peserta didik baru di sekolah unggulan baik Sekolah Menengah Pertama (SMP) maupun Sekolah Menengah Ahir (SMA) di Batam gagal total, karena kendala teknis.

Kegagalan penerimaan peserta baru tahun ajaran 2016-2017 disebabkan karena data rapor siswa tidak singkron yang dimiliki Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam.

Seperti di SMA Negri 1 Batam, Sekupang dihari pertama tidak melakukan input maupun verefikasi nilai calon siswa lantaran permasalahan tersebut hingga batas waktu normal penerimaan PPDB ditutup pukul 14.00 Wib.

"Sampai pukul 14.00 wib belum juga bener, terpaksa kita tutup dan menginformasikan kepada walimurid yang masih menunggu di sekolah," kata Wakil Kepala Sekolah SMAN 1 Batam, Erdawati sekaligus ketua pelaksana PPDB disekolah unggulan tersebut.

Sehingga pihaknya akan membukan pendaftaran ulang besok (14/06) pukul 08.00 Wib. Namun pihaknya akan berkordinasi dengan Disdik selaku penyelenggara.

"Besok baru kita buka kembali. Sistem PPDB tahun ini kan baru dari pusat, memang bagus semua siswa terpantau," tegasnya.

Sementara itu Kasih Program Disdik Batam, Mukril membenarkan adanya kendala dalam PPDB di hari pertama. Saat ini pegawanya masih memperbaiki tidak singkronnya data tersebut.

"Semua sekolah unggulan, mengalami kendala. Memang ada data yang tidak singkron. sampai saat ini masih di keroscek," pungkasnya.

Editor: Surya