Hari Pertama PPDB di SMA Negeri 1 Batam Terkendala, Ini Penyebabnya
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 13-06-2016 | 13:10 WIB
ppdb-sma-1-batam.jpg

Para orangtua siswa pendaftar di SMA Negeri 1 Batam menunggu penjelasan dari pihak sekolah. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Batam, di hari pertama Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tidak menerima pendaftaran siswa dikarenakan terkendala oleh sistim yang digunakan sekolah unggulan tersebut.

Akibatnya sejak dibuka pendaftaran 09.00 WIB, 400 wali murid yang mengambil nomor antrean terpaksa kembali pulang dan ada yang bersedia menunggu perbaikan sistim dari Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam.

"Database-nya tidak sinkron dengan Disdik, jadi sejak pagi kita tidak melayani PPDB," kata Erdawati Ketua Pelaksana PPDB SMAN1 Batam, Senin (13/6/2016).

Erdawati menjelaskan, kendala itu muncul setelah operator pihaknya melakukan verifikasi nilai calon siswa yang ditemukan tidak sesuai antara rapor SMP dengan server di Disdik.

"Nilai rapot dan di server itu berbeda, tadi kita coba 10 orang diinput. Tapi nilainya bermasalah dari nilai rapor dan sistem beda," ujarnya. Baca juga: Safira, Pelajar SMAN 1 Batam yang Terpilih Jadi Duta Lingkungan 2016

Sehingga pihaknya harus menunda PPDB di sekolahnya sambil menunggu perbaikan server Disdik Batam. "Di sistim kita hanya mengetik nomor induk nasional dan nama calon pendaftar. Nanti keluar semua nilai-nilai siswa, tapi tadi kita coba 10 orang hasilnya berbeda. Ada yang dirugikan dan ada yang diuntungkan," ujarnya.

Saat ini Disdik masih membprbaiki server hingga pukul 13.00 WIB. Menurut Erdawati, SMAN 1 Batam hanya menerima 4 kelas dalam tahun ajaran 2016-2017 dengan total 128 siswa/siswi.

"Kita tunggu perbaikan, kata pihak Disdik jam 1 siang. Hari pertama sudah 400 nomor antrean yang sudah diambil," pungkasnya.

Editor: Dodo