19 Penerbangan Ditunda

Bandara Hang Nadim Tutup Dua Jam Akibat Pesawat TNI AL Tergelincir
Oleh : Hadli
Jum'at | 10-06-2016 | 13:46 WIB
pesawat-AL-tergelincir12.jpg

Pesawat Cassa CN-212 milik TNI AL saat menjalani perbaikan usai tergelincir di Bandara Hang Nadim. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Bandara Internasional Hang Nadim Batam ditutup 2 jam setelah pesawat pemantau milik TNI AL jenis Cassa CN-212 tergelincir di runway 22 bandara.

"Untuk keamananannya kami berkoordinasi dengan airnav dan diputuskan menututup bandara sementara waktu," kata Dendi Gustinandar, Kabid Komersil Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Jumat (9/6/2016).

Pesawat pemantau milik TNI AL bernomor U-621 itu terjadi slide landing saat mendarat di Bandara Internasional Hang Nadim Batam sekitar pukul 7.15 WIB.

Setelah dilakukan evakuiasi pesawat lainnya yang tengah parkir di apron bandara dan dipastikan situasi aman, pihak manajemen Bandara Internasional Hang Nadim Batam kembali membuka bandara pada pukul 09.20 WIB.

Kejadian tersebut mengakibatkan banyak penerbangan dari Batam dan menuju Batam terganggu.

"Jadi sama sekali tidak ada penerbangan hingga evakuasi selesai dilakukan. Data berapa yang terganggu saya belum pegang. Namun karena penutupan tadi otomastis tidak ada penerbangan," tutur Dendi kembali.

Setelah pukul 09.20 WIB, kata dia, barulah penerbangan baik yang tiba maupun meninggalkan Batam mulai kembali berjalan normal.

"Saat ini penerbangan di Hang Nadim Batam sudah berangsur normal," kata dia.

Sejumlah pesawat yang mengalami penundaan diantaranya Lion Air, Wings Air, Susi Air, Sriwijaya Air, Nam Air, Citilink, Garuda Indonesia.

Menurut Suwarso, Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim, total ada 19 penerbangan yang tertunda yakni 9 penerbangan keberangkatan dan 10 penerbangan kedatangan.

Baca juga: Pesawat Cassa Milik TNI AL Tergelincir di Hang Nadim

Editor: Dodo