Harga Sembako di Batuaji Perlahan Mulai Melonjak
Oleh : Harun al Rasyid
Rabu | 08-06-2016 | 13:34 WIB
sembako-fanindo.jpg

Salah seorang pembeli kebutuhan pokok di Pasar Fanindo tengah melihat sejumlah komoditi sayuran. Harga sembako di Batam melonjak memasuki bulan Ramadan. (Foto: Harun al Rasyid)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sejumlah harga sembilan kebutuhan pokok (sembako) selama bulan suci Ramadhn mulai mengalami kenaikan. Kenaikan harga ini sudah terlihat sejak sebelum puasa dan ada juga sebagian harga barang yang mengalami kenaikan pada saat hari H puasa.

Seperti harga gula pasir, saat ini masih dijual dengan harga Rp14,5 ribu per kilogram, sebelumnya harga gula Rp11,5 ribu per kilogram. Untuk harga minyak sayur dijual dengan harga Rp9 ribu per liter, sebelumnya harga minyak sayur Rp 8 ribu per liter.

"Kalau harga minyak sudah naik sebelum bulan puasa. Harganya bervariatif cuma baiknya tidak terlalu mencolok," ujar karyawan toko sembako, Jazuli, kepada BATAMTODAY.COM, Rabu (8/6/2016).

Harga telur ayam ras, kata Jazuli satu papan isi 30 butir dijual Rp36,5 ribu dari harga Rp33 ribu. Kenaikan harga telur ini sudah berlangsung sejak 3 hari menjelang puasa. "Harga telur sudah naik dari Jumat (3/6/2016) lalu. Naik Rp3500 per papan," kata Jazuli.

Sementara harga barang kebutuhan pokok yang mengalami penurunan harga terjadi pada harga beras. Dikatakan Jazuli, untuk harga beras mengalami penurunun sejak satu bulan belakangan ini, seperti beras merek Ajaib dijual Rp256 ribu per karung isi 25 kilo, sebelumnya harga dijual di atas Rp268 ribu per karung. Beras Budak, Lonceng, Horas, juga turun saat ini harganya dijual Rp256 ribu per karung.

"Beras udah turun harganya 1 bulan lalu. Sampai sekarang belum naik, mudah-mudahan tidak," ucapnya.

Rica penjual ayam di Pasar Fanindo mengatakan, untuk harga ayam segar Rp33 ribu per kilgram, dari Rp27 ribu per kilogram, lima hari sebelum puasa, ayam beku tetap Rp27 ribu per kilogram. Sementara untuk harga daging segar dijual Rp130 per kilogram, daging beku Rp80 ribu per kilogram.

"Harga daging sapi beku sama segar masih normal di sini, belum naik," kata Rica.

Andi Sembiring, pedagang sayur di Pasar Fanindo mengatakan, harga cabai merah dijual Rp36 ribu per kilogram dari harga Rp29 ribu per kilogram. Harga bawang merah Rp30 ribu per kilogram masih harga normal, harga tomat Rp12 ribu per kilogramnya masih stabil.

"Kenaikan sudah terjadi seminggu sebelum bulan puasa," kata Andi.

Sementara itu, harga melonjak naik terjadi pada wortel saat ini mencapai harga Rp33 ribu per kilogram, sebelumnya dijual Rp22 ribu per kilogram, hal serupa juga terjadi pada harga kacang panjang saat ini Rp 17 ribu per kilogramnya, dari harga Rp7 ribu per kilogram. Kangkung dari Rp3 ribu sampai harga Rp10 ribu. "Semua barang-barang ini dari petani lokal. Harganya juga pada mahal," pungkasnya.

Editor: Dodo