Pelni Tak Turunkan Harga Tiket Mudik Lebaran Tahun Ini
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 08-06-2016 | 10:46 WIB
antre-tiket-pelni.jpg

Antrean warga di loket Pelni Batam untuk membeli tiket kapal. (Foo: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) cabang Batam tidak akan menurunkan harga tiket kapal kelas ekonomi untuk mudik Lebaran. Kebijakan ini berlaku setelah kantor cabang di Batam menerima instruksi dari Pusat.

Berdasarkan nota Dinas Direktur Komersial No.04.29/02/ND/100/2016 harga tiket Pelni lebaran baik tujuan Tanjungpriok, Jakarta tetap pada harga Rp313.000. Sementara untuk ke Belawan, Medan Rp220.000 per orang untuk dewasa.

"Belum ada instruksi dari Pusat penurunan harga tiket KM Kelud," ujar Kepala Keuangan Pelni cabang Batam, Trisakti pada Rabu (8/6/2016).

Tidak turunnya harga tiket lantaran, Pelni pusat sudah menurunkan hal tersebut pada tiga bulan lalu atau berlaku pada 15 Mei 2016. Penurunan harga tiket tiga bulan lalu sebanyak 15 persen dari harga normal. Contohnya tiket kelas ekonomi tujuan Jakarta Rp327 menjadi Rp313 ribu per orang.

"Untuk harga tiket kelas juga tetap tidak ada berubah. Kita hanya menjakankan instruksi pusat saja," tegasnya.

Meskipun harga tiket tidak mengalami penurunan khusus kelas ekonomi, para calon penumpang tetap saja antre membeli tiket sejak pagi hingga sore hari. Trisakti mengaku masih tersedia harga tiket pada H-6,4 dan 2 menjelang lebaran tujuan Belawan.

Namun ia mengimbau kepada seluruh calon penumpang KM Kelud untuk membeli tiket jauh-jauh hari sebelum kehabisa mengingat kapasitas kapal hanya mengangkit 2.400 penumpang.

"Sudah banyak yang membeli pada H-6,4 dan 2. Tiga hari itu rawan kepadatan penumpang. Belum ada dispensasi jumlah penumpang KM Kelud yang diberikan oleh Kementerian Perhubungan, biasanya setiap tahun ada," pungkasnya.

Editor: Dodo