RS Soedarsono Darmo Soewito di Kawasan Kabil Diresmikan
Oleh : Hadli
Minggu | 05-06-2016 | 16:07 WIB
RS Soedarsono.jpg

Kris Wiluan selaku Pembina Yayasan Citramas yang meresmikan Rumah Sakit Soedarsono Darmo Soewito. (Foto: BATAMTODAY.COM/Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam  - Dalam membantu program pemerintah di bidang kesehatan, khususnya di wilayah Nongsa dan sekitarnya, Yayasan Citramas mendirikan Rumah Sakit (RS) Soedarsono Darmo Soewito bertempat di Kawasan Industri Terpadu, Kabil, Minggu (5/6/2016).

Diresmikan oleh Kris Wiluan selaku Pembina Yayasan Citramas bersama Sri Soedarsono, Ketua Perkumpulan Budi Kemuliaan Batam dihadiri oleh Walikota Batam Muhammad Rudi, SKPD Pemko Batam, MUI Batam, Ketua Umum REI, anggota DPRD Kepri.

Rumah sakit tersebut dibangun untuk melengkapi fasilitas di Kawasan Industri terpadu Kabil. Sehingga para karyawan kawasan Industri di Kabil dan sekitarnya dapat memanfaatkan fasilitas kesehatan juga bagi penduduk di wilayah Kecamatan Nongsa.

Rumah sakit tersebut merupakan peningkatan dari fasilitas Poliklinik Budi Kemuliaan yang sudah berdiri sejak tahun 1997. Yayasan Citramas dengan dana CSR grup Citramas dibawah pimpinan Pengusaha Kris Wiluan membangun rumah sakit dengan kapasitas 100 tempat tidur dan menjadi rumah sakit Kelas C.

Untuk pengelolanya, Yayasan Citramas menggandeng Perkumpulan Budi Kemuliaan Batam dibawah pimpinan Sri Soedarsono yang sudah mengelola rumah sakit di wilayah Seraya, Batu Ampar sejak tahun 1993. Dan peletakan batu pertama pembangunan RS ini dilakukan pada tanggal 3 Juni 2014 oleh Rudi, yang saat itu menjabat sebagai Wakil Walikota Batam.

"Kami hanya membangun dan menyiapkan fasilitas. Untuk pengelolanya kami percayakan kepada perkumpulan Budi Kemuliaan Batam
dibawah pimpinan Ibu Sri Soedarsono," tuturnya.

Nama RS Soedarsono Darmo Soewito diambil dan diusul langsung Kris Wiluan. Dan peresmian rumah sakit dilakukan pada hari ini, tanggal 5 juni 2016, bertepatan dengan tanggal kelahiran almarhum Bapak Soedarsono Darmosoewito yang juga mantan Kepala Badan Pelaksana Otorita Batam.

"Pendirian rumah sakit ini sebagai bentuk penghargaan kepada almarhum Bapak Soedarsono Darmosoewito yang telah membangun Batam," ujarnya.

Sri Soedarsono Ketua Perkumpulan Budi Kemuliaan Batam menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Kris Wiluan yang masih mengingat jasa-jasa suaminya Soedarsono Darmo Soewito dan mempercayakan pengelolaan rumah sakit tersebut kepada dirinya.

"Terima kasih kepada pak Kriswiluan untuk kepercayaan yang diberikan kepada almarhum dan saya dalam mengelola rumah sakit ini," kata dia.

Hal yang sama juga disampaikan, Walikota Batam Muhammad Rudi kepada Kris Wiluan berserta Sri Soedarsono. Ia menyampaikan, rasa bersyukur untuk keduanya yang tidak mudalagi namun memiki jiwa sosial yang tinggi kepada masyarakat Batam khususnya di Kecamatan Nongsa.

"Patut berterima kasih karena masih ada orang tua seperti Ibu Soedarsono dan Pak Kris yang masih memiliki jiwa nasional. Semoga ada pengusaha-pengusaha di Kecamatan lain membatu warga sekitarnya. Karena dengan terbentuknya Rumah Sakit ini sangat membantu pemerintah," ujarnya.

Editor: Surya