Kanpel Batam Keluarkan Penambahan Jadwal Ferry Tujuan Tanjungpinang
Oleh : Hadli
Sabtu | 04-06-2016 | 12:22 WIB
ferry-punggur.jpg

Kapal ferry yang melayani pelayaran menuju Tanjungpinang dari Pelabuhan Telaga Punggur, Batam. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Kantor Pelabuhan Batam, Capt. Julianus memenuhi permintaan para operator kapal ferry Batam-Tanjungpinang dengan mengeluarkan surat eradan penambahan jadwal pelayaran.

Surat Edaran bernomor UM.003/II/9/Kpl.Btm-16 tersebut diterbitkan pada Jumat (3/6/2016) tentang perubahan jadwal keberangkatan kapal ferry Telaga Punggur-Tanjungpinang yang awalnya sampai pukul 17.00 WIB menjadi 17.30 WIB.

"Kemarin, Kepala Kantor Pelabuhan mengeluarkan edaran penambahan izin pelayaran dari Telaga Punggur Batam menuju Tanjungpinang sebagai pembatalan surat edaran sebelumnya yang membatasi pelayaran," kata Syahbandar Pelabuhan Umum Telaga Punggur, Erwin Sjafrizal, Sabtu (4/6/2016).

Erwin mengatakan, surat edaran Kakanpel Batam tersebut, rencanannya diberlakukan pada Sabtu (4/6/2016) hari sesuai dengan permintaan operator pelayaran Batam-Tanjungpinang.

"Operator minta hari ini mulai diberlakukan. Jadi kemungkinan besar hariini akan diterapkan. Sehingga masing-masing operator bisa menambah satu kali jadwal keberangkatan," kata dia.

Sebelumnya, saat Kakanpel Batam masih dijabat Gajah Rooseno, dikeluarkan edaran pembatasan jam pelayaran hingga pukul 17.00 WIB dengan alasan keamanan mengingat kondisi di laut pada sore hari tidak bisa diprediksi.

"Perubahan ini disambut baik oleh operator, karena saat ini sudah masuk musim libur sekolah dan sebentar lagi mudik Lebaran Idul Fitri," kata Erwin.

Pelayaran Telaga Punggur Batam menuju Tanjungpinang dilayani oleh dua operator dengan kapal feri berkapasitas diatas 100 tempat duduk.

Selain melayani ke Tanjungpinang, Pelabuhan Telaga Punggur Batam juga melayani pelayaran dengan kapal cepat menuju Tanjunguban Pulau Bintan yang bisa ditempuh dalam 20 menit dan rute lain Batam menuju Dabo Lingga dengan jarak tempuh empat jam pelayaran.

Editor: Dodo