Selama Ramadhan, Polisi Batam Tingkatkan Patroli
Oleh : Romi Candra
Jum'at | 03-06-2016 | 14:12 WIB
kabag-ops-deden.jpg

Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polresta Barelang, Kompol Deden Nurhidayatullah. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Selama Bulan Ramadhan 1437 Hijriah yang jatuh pada Senin (6/5/2016) nanti, pengamanan yang dilakukan jajaran Polresta Barelang untuk wilayah Batam akan lebih ditingkatkan. Sekitar 80 personil akan diturunkan setiap harinya untuk melakukan patroli di tempat-tempat keramaian, rumah penduduk serta tempat ibadah.

 

Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polresta Barelang, Kompol Deden Nurhidayatullah mengatakan, pengamanan untuk wilayah Batam merupakan kegiatan rutin. Namun dikarenakan memasuki bukan Ramadhan akan lebih ditingkatkan.

"Ditingkatkan dalam hal ini, kita akan megerahkan personil lebih banyak dari biasanya, baik Tim Engku Putri maupun Tim Batara Biru," ujar Deden, Jumat (3/6/2016) siang.

Dijelaskan, untuk Tim Engku Putri yang terdiri dari para polisi wanita (Polwan), akan patroli ke mall-mall dan pasar. "Kalau siang, pasti banyak ibu-ibu yang ke pasar dan mall untuk berbelanja. Karena itu para polwan kita arahkan untuk patroli ke lokasi-lokasi tersebut," jelasnya.

Sementara untuk Tim Batara Biru yang terdiri dari para polisi laki-laki (Polki), akan patroli mulai dari malam hingga pagi. "Tim Batara Biru ini akan dibagi patrolinya mengendarai sepeda motor dan mobil. Mereka akan patroli di sekitaran tempat ibadah, untuk menghindari kejahatan jalanan, seperti curanmor, jambret dan lainnya," lanjut Deden.

Selain itu, untuk patroli dari Polsek-polsek, akan diarahkan untuk mengitari rumah penduduk. "Tujuanhya menghindari adanya pencuri yang membobol rumah warga, karena ditinggalkan untuk pergi ibadah Shalat Tarawih," tambahnya.

Ia juga mengimbau pada orangtua agar mengawasi anak-anaknya agar tertib menjalankan ibadah puasa.

"Jangan sampai ada asmara subuh, karena bisa mengundang maksiat. Begitu juga dengan ngabuburit. Alasan mereka hanya jalan-jalan, tapi ternyata malah trek-trekan," pungkasnya.

Editor: Dardani