Penumpang di Hang Nadim Meningkat Saat Musim Ziarah Kubur Jelang Ramadhan
Oleh : Hadli
Kamis | 02-06-2016 | 17:14 WIB
suwarso-baru....jpg

Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso.

BATAMTODAY.COM, Batam - Menjelang datangnya bulan suci Ramadhan 1437 Hijriah, penumpang yang meninggalkan Batam melalui Bandara Internasional Hang Nadim mulai menunjukkan peningkatan.

"Selain libur, dan urusan bisnis, saat ini musim orang ziarah kubur, jadi ada kenaikan penumpang," kata Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso, Kamis (2/6/2016).

Pantauan, pagi hingga siang Kamis, ribuan calon penumpang terlihat memenuhi terminal keberangkatan. Antrean sempat memanjang, namun untuk memastikan kelancaran dalam kenyamanan calon penumpang, pengelola bandara membuka dua pintu keberangkatan sehingga antrean bisa berkurang.

"Perkiraan kami hingga awal Ramadhan akan ada kenaikan 8 sampai 13 persen dibandingkan hari-hari biasa. Karena selain musim mudik ziarah kubur juga sudah memasuki libur sekolah," kata dia.

Untuk situasi penerangan Bandara Internaional Hang Nadim Batam sejauh ini tidak ada hambatan pelayanan yang signifikan. Hanya satu pesawat Nam Air dari Jambi tujuan Batam yang mengalami keterlamatan pendaratan di Batam.

Bersarkan papan monitor bandara, seharusnya pesawat Group Sriwijaya itu sudah mendarat pukul 09.00 WIB, namun baru mendarat pada pukul 11.00 WIB dan membuat calon penumpang menunggu keterlambatan kurang lebih selama 2 jam.

Pada hari biasa rata-rata Bandara Internasional Hang Nadim Batam melayani 120 kali penerbangan baik domestik maupun internasional dengan jumlah penumpang antara 13.000-15.000 orang.

Suwarso mengatakan pengawasan pada penumpang dan barang bawaan diperketat sesuai dengan instruksi Menteri Perhubungan memastikan keselamatan penerbangan.

"Pak Menteri (Perhubungan) sudah instruksikan agar dilakukan peningkatan pengawasan keselamatan penerbangan. Jadi kami fokus terhadap hal itu," kata dia.

Editor: Dodo