Awas! Kabel Penyangga Jembatan 1 Barelang Hampir Putus
Oleh : Harun al Rasyid
Kamis | 02-06-2016 | 14:26 WIB
jembatan-barelang-sling.jpg

Kapolsek Sagulung, AKP Chrisman Panjaitan menunjukkan salah satu titik kabel di Jembatan I Barelang yang kondisinya memprihatinkan. (Foto: Harun al Rasyid)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kondisi Jembatan Raja Haji Fisabilillah atau lebih dikenal dengan nama Jembatan I Barelang kian memprihatinkan. Kali ini tampak secara kasat mata, dua kabel penyangga jembatan ikon Kota Batam itu renggang.

Renggangnya dua kabel penopang berat beban jembatan ini diduga akibat dua buah kabel yang berada di dalam round sling (bungkusan kabel berbentuk besar-red) putus. Sehingga berkurang keseimbangan antara kabel yang satu dengan kabel lainnya.

Salah satu petugas Direktorat Pengamanan (Ditpam) BP Batam, Supardi mengatakan kondisi ini sudah terlihat sejak sebulan terakhir. Namun dia tidak bisa memastikan penyebab putusnya kabel tersebut.

"Kalau tanya kenapa bukan ahlinya kita. Kita hanya berjaga di sini, biar warga jangan ada yang parkir," ujar Supardi, Kamis (2/6/2016).

Dikatakannya, salah satu yang menjadi penyebab putusnya kabel ini karena kebiasaan warga pengunjung jembatan yang memarkirkan kendaraan di atas jembatan. Padahal, seyogyanya fungsi jembatan adalah untuk melintas atau menyeberang ka tempat lain.

"Warga memang sudah kita kasih tahu jangan parkir. Cuma iya itu tadi, keras kepala dan susah ditegur," ujarnya.

Tempat yang sama, Kapolsek Sagulung, AKP Chrisman Panjaitan yang turut mensurvei kabar putusnya kabel ini menegaskan, faktor keamanan masyarakat pengunjung harus lebih diutamakan. Dia mengimbau agar warga tidak memarkirkan kendaraan di atas jembatan.

"Jangan sampai ada yang parkir di sini. Selama masa perbaikan tolong dijaga agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak kita inginkan bersama," ujar Chrisman.

Editor: Dodo