Tempat Pembuangan Sampah Masih Jadi PR Besar di Batam
Oleh : Harun Al Rasyid
Sabtu | 28-05-2016 | 16:30 WIB
tempatsampah28.jpg

Sampah yang dibakar warga Batuaji Batam. (Foto: Harun Al Rasyid)

BATAMTODAY.COM, Batam - Masalah tempat pembuangan sampah sementara (TPS) di Batam masih menjadi kendala dan masuk ke dalam pekerjaan rumah (PR) besar Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Batam.

 

Kepala DKP Batam, Sulaiman Nababan mengakui, mengenai problematika tersebut. Diungkapkannya, hingga saat ini pihaknya masih sulit menetapkan tempat TPS ke berbagai lokasi kecamatan di seluruh Batam. Kesulitan itu diakuinya karena belum ada lokasi yang tepat untuk penempatan TPS.

Akibat tidak adanya lokasi tempat pembuangan sampah, akhirnya sampah sering berceceran di pinggiran jalan raya. Imbasnya, saluran drenase yang ada di pinggiran jalan akan tersumbat.

"Kita masih kesulitan untuk menempatkan TPS, sebab kita harus terlebih dahulu melihat lokasi yang tepat sebagai untuk lokasi TPS," ujar Sulaiman Nababan, Sabtu (28/5/2016).

Sulaiman menyebut, terkait pengangkutan sampah sejatinya merupakan urusan Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalui DKP. Namun untuk mengatasi masalah sampah ini, pemerintah akan bekerja sama dengan Kecamatan untuk dalam mengawasi sampah.

"Masalah sampah dari rumah warga ke TPS merupakan urusan kecamatan, sedangkan masalah sampah dari TPS ke tempat pembuangan akhir (TPA) adalah urusan dari petugas DKP," tuturnya.

Expand