Pesawat Garuda Balik Lagi ke Hang Nadim Usai Tabrak Burung Elang
Oleh : Hadli
Jum'at | 27-05-2016 | 13:46 WIB
bangkai-elang.jpg

Inilah bangkai burung elang yang ditabrak pesawat Garuda tujuan Jakarta dan menyebabkan pesawat tersebut kembali ke Hang Nadim karena mengalami kerusah=kan sensor. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pesawat Garuda Indonesia Boeing 737-800NG tujuan Jakarta hampir nahas karena mengalami kerusakan pada sensor angle of takeoff setelah lepas landas dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

Copotnya sensor pesawat Garuda Indonesia GA151/PK-GMJ setelah lepas landas pada pukul 07.21 WIB pada Kamis (26/5/2016) kemarin karena menabrak burung elang yang biasa beterbangan di sekitar bandara.

"Informasi dari manajemen Garuda, pesawat dengan pilot kapten Andri Rianto Wibowo telah menabrak burung cukup besar pada bagian bawah moncong pesawat. Akibatnya sensor angle of takeoff copot," kata Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso, Jumat (27/5/2016).

Suwarso mengatakan, pilot mengambil langkah yang tepat.16 menit setelah lepas landas, pesawat Garuda yang tengah mengangkut 94 penumpang kembali mendarat di Hang Nadim.

"Kerusakan yang terjadi bisa berakibat fatal walaupun alatnya kecil. Karena, sensor itu berfungsi untuk mengukur atau mendeteksi adanya kondisi tekanan cuaca di udara, angin, panas hujan, mendung, awan tebal yang terjadi di ketinggian udara saat pesawat terbang," jelasnya.

Pada pukul 07.37 WIB pesawat sudah berada di Hang Nadim. Sebagian penumpang pesawat Garuda Boeing 737-800NG dialihkan ke pesawat Citilink dan sebagian lagi menunggu Garuda penerbangan selanjutnya.

Pesawat yang rusak tersebut, kata Suwarso, hanya beberapa jam terparkir di Hang Nadim Batam menunggu suku cadang. Pada pukul 16.35 WIB pesawat kembali terbang setelah dilakukan perbaikan.

Editor: Dodo