Meski Kondusif, Kapolsek Lubukbaja Imbau Warga Tetap Waspadai Tindak Kejahatan
Oleh : Romi Chandra
Rabu | 18-05-2016 | 17:26 WIB
bayu-pati.jpg

Kapolsek Lubukbaja, AKP I Putu Bayu Pati. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebagai daerah pusat bisnis, Kecamatan Lubukbaja kerap menjadi sasaran tindak kejahatan, situasi sebulan belakangan justru landai dan kondusif.

Kapolsek Lubukbaja, AKP I Putu Bayu Pati, mengatakan, situasi kondusif ini, selain dari pengamanan patroli 1x24 jam yang dilakukan, juga tercipta dikarenakan peran serta masyarakat yang ikut menjaga kenyamanan dan ketertiban masyarakat (Kantibmas).

"Suasana kondusif itu tidak bisa tercipta sendiri. Perlu peran serta semua pihak. Dan hal itu saat ini sudah tercipta di Lubukbaja," ujar Putu, Rabu (18/5/2016).

Buktinya, saat ini masyarakat sudah leluasa membuka toko dari pagi hingga malam, tanpa khawatir adanya perampokan dan lainnya. Bahkan pasar dan mall ramai dikunjungi masyarakat.

Namun di samping itu, ia juga mengingatkan agar masyarakat tetap waspada dan selalu berhati-hati jika ke luar rumah.

"Memang sekarang kondisi kondusif. Tapi jika masyarakat tidak waspada, apalagi keluar rumah dengan keadaan pintu tidak terkunci, tetap saja bisa mengundang kejahatan," lanjutnya.

Begitu juga jika pergi ke pusat keramaian. Sebisa mungkin jangan pernah bepergian dengan dandanan mencolok, seperti membawa perhiasan yang berlebihan dan sebagainya.

"Kejahatan itu timbul karena ada kesempatan. Saat ini kesadaran dari masyarakat untuk menciptakan ketertiban sudah ada. Jika lengah, tentu kejahatan akan muncul lagi. Diharapkan masyarakat bisa terus berpartisipasi dalam menjaga kawasan Lubukbaja tetap kondusif," pungkasnya.

Editor: Dodo