Otoritas Bandara Sediakan 2 Unit Bus

Maskapai Ogah Sediakan Bus Penjemput Penumpang di Hang Nadim
Oleh : Hadli
Rabu | 11-05-2016 | 16:22 WIB
suwarso-baru.jpg

Suwarso Kepala Bagian Umum Bandara Hang Nadim Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Maskapai penerbangan yang beroperasi di Bandara Hang Nadim Batam tidak bersedia menyediakan bus penjemput dan pengantar penumpang. Pengelola bandara menyikapinya demi kenyamanan penumpang.

"Kita sudah beritahu pihak maskapai untuk menyediakan bus untuk mengantar dan menjemput para penumpangnya hingga ke tangga pesawat atau ke terminal tapi tidak dilakukan," kata Suwarso Kepala Bagian Umum Bandara Hang Nadim Batam, Rabu (11/5/2016).

Guna menjaga pelayanan kepada pengguna bandara, tambah Suwarso, akhirnya pihaknya menyediakan dua unit bus tersebut. "Kita lakukan karena selama ini banyak keluhan. Dengan tidak bersedianya maskapai makanya kita yang fasilitasi untuk menjaga kenyamanan," ujarnya kembali.

Dua bus itu berfungsi mengantarkan dan menjemput penumpang dari ruang boarding menuju tangga pesawat begitu juga sebaliknya saat penumpang turun pesawat dengan kapasitas 60 orang dan 28 orang.

"Kalau pesawat parkir menggunakan garbarata baik yang datang maupun akan terbang tidak perlu menggunakan bus lagi. Bus difungsikan untuk pesawat yang parkir jaraknya cukup jauh," terangnya.

Pihak maskapai yang mengunakan bus, tetap membayar uang sewa bus yang telah ditentukan sesuai kesepakatan. "Bisa untuk tambahan pendapatan bandara. Karena mereka sewa ke kita walaupun sebenarnya itu kewajiban maskapai yang harus menyediakan," tutur Suwarso kembali.

Editor: Dodo