Penderita HIV dan AIDS Berdasarkan Kelompok Pekerja Selama Tahun 2015

12 Aparat di Batam Positif Penderita AIDS
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 11-05-2016 | 11:06 WIB
penderita-HIV--AIDS-peride-2015.jpg

Data penderita HIV/ AIDS sepanjang tahun 2015 di Kota Batam (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Penderita Human Immunodeficiency Virus/ Acquid Immune Daficiency Syndrome (HIV/AIDS) di Batam sepanjang Januari-Desember 2015, sebanyak 641 jiwa penderita. Jumlah tersebut sesuai data yang masuk di tiga rumah sakit dan dua puskesmas yang bisa mengecek penderita penyakit berbahaya tersebut. 

Dari jumlah tersebut, berdasarkan kelompop pekerja, penyakit yang mematikan ini juga menimpa 12 aparat yang bertugas di Kota Batam, baik itu PNS, TNI, Polri maupun pegawai honor.

Data tersebut berdasarkan laporan Rumah Sakit Elisabet, Budi Kemuliaan, RSUD Embung Fatimah, serta Pukesmas Batuaji dan Lubukbaja.

"PNS sedikit, cuma tiga orang. Sisanya aparat penegak hukum menderita penyakit HIV/AIDS," ujar Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam Sri Rupiati.

Namun yang paling mendominasi penyakit HIV tersebut dari kalangan pekerja karyawan buruh pabrik sebanyak 163 orang berjenis kelamin laki-laki yang nota bene sering "jajan" seks.

"Kita juga terus gencar lakukan sosialisasi kepada kalangan buruh pabrik. Mengingat angka yang paling tinggi dikalangan mereka. Meleka itu menderita penyakit karena sering "jajan" di luar," ujarnya.

Expand